SISTEM
PEMBELAJARAN YANG BAIK
Eduar B.
Ketika mengajar adalah hal yang
kompleks dan karena murid-murid itu bervariasi, maka tidak ada cara tunggal
untuk mengajar yang efektif untuk semua hal. Guru harus menguasai beragam
perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel.
Hal yang dibutuhkan dua hal utama yaitu: (1)
Pengetahuan dan keahlian profesional; (2) komitmen dan motivasi.
Pengetahuan dan Keahlian
Professional
Guru yang efektif menguasai materi
pelajaran dan keahlian atau keterampilan mengajar yang baik. Guru yang efektif
memiliki strategi pengejaran yang baik dab didukung oleh metode penetapan
tujuan, perencanaan pengajaran, dan manajemen kelas. Mereka tahu bagaimana
memotivasi, berkomunikasi, dan berhubungan secara efektif dengan murid-murid
dari berbagai latar belakang kultural. Mereka juga mengetahui cara menggunakan
teknologi yang tepat guna di dalam kelas. Berikut adalah masing-masing
penjelasan dari beberapa kriteria di atas.
1. Penguasaan materi pelajaran
Guru yang efektif harus berpengetahuan, fleksibel, dan
memahami materi. Tentu saja, pengetahuan subjek materi tidak hanya mencakup
fakta, istilah, dan konsep umum. Ini juga membutuhkan pengetahuan dasar
pengorganisasian materi, mengkaitkan berbagai gagasan, cara berpikir dan berargumentasi.
2. Strategi Pengajaran
Dalam hal ini bagaimana guru dapat membuat pengajaran materi
dapat dikuasai oleh murid. Pada pendidikan model lama (tradisional) terlalu
menekankan murid harus duduk diam, menjadi pendengar pasif dan menyuruh murid
untuk menghafal informasi yang relevan dan tidak relevan. Kemudian berganti
pada prinsip konstruktivisme, yaitu menekankan agar murid secara aktif menyusun
dan membangun pengetahuan dan pemahamannya. Namun tidak semua ahli setuju
dengan cara di atas, tetapi yang terpenting adalah walaupun anda menggunakan
salah satu strategi di atas, masih banyak hal yang harus diketahui, hal-hal
yang memberikan pengaruh dalam pengajaran yang efektif.
3. Penetapan tujuan dan keahlian
perencanaan instruksional
Guru yang efektif tidak sekadar mengajar di kelas, entah dia
menggunakan perspektif tradisional atau konstruktivisme di atas. Mereka juga
harus menentukan tujuan pembelajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan
itu.
4. Keahlian manajemen kelas
Aspek penting lainnya untuk menjadi guru yang efektif adalah
mampu menjaga kelas tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke
tugas-tugas. Guru yang efektif dapat mempertahankan lingkungan belajar yang
kondusif.
5. Keahlian motivasional
Guru yang efektif mempunyai strategi yang baik untuk
memotivasi murid agar mau belajar. Guru yang efektif tahu bahwa murid akan
termotivasi saat mereka bisa memilih sesuatu yang sesuai dengan minatnya. Guru
yang baik akan memberi kesempatan murid untuk berpikir kreatif dan mendalam untuk
proyek mereka sendiri.
6. Keahlian komunikasi
Hal yang perlu diperlukan untuk mengajar adalah keahlian
dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal, memahami
komunikasi non verbal dari murid, dan memapu memecahkan konflik secara konstruktif.
7. Bekerja secara efektif dengan
murid dari berbagai kultur yang berbeda
Guru yang efektif harus mengetahui dan memahami anak dengan
latar belakang kultural yang berbeda-beda, dan sensitif terhadap kebutuhan
mereka. Mendorong murid satu dengan murid yang lain untuk berhubungan positif.
8. Keahlian teknologi
Guru yang efektif tahu cara menggunakan komputer dan cara
mengajar murid menggunakan komputer untuk menulis dan berkreasi. Teknologi itu
sendiri tidak selalu meningkatkan kemampuan belajar murid perlu kesesuaian
antara kurikulum dengan teknologi yang sesuai dalam pengajaran.
9. Komitmen dan Motivasi
Menjadi guru yang efektif juga membutuhkan komitmen dan
motivasi. Aspek ini mencakup sikap yang baik dan perhatian kepada murid.
Komitmen sangat dibutuhkan dalam pengajaran, bagaimana guru memberikan tenaga
dan pikiran untuk memberikan pengajaran yang dapat diterima oleh murid dengan
baik. Guru yang efektif juga mempunyai kepercayaan diri terhadap kemampuan
mereka dan tidak akan membiarkan emosi negatif melunturkan motivasi mereka
Komentar
Posting Komentar