RPS PERILAKU ORGANISASI UNIAS

 RPS PERILAKU ORGANISASI

RENCARENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

&

KONTRAK KULIAH

 

 

 

 

 

 

Nama Mata Kuliah                            : Perilaku Organisasi

Semester                                           : Tiga (3)

Satuan Kredit Semester (SKS)         : Dua (2) SKS

Dosen Pengampu                             : Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.

                                                             Eduar Baene, SE.,M.Si

Program Studi                                   : Manajemen

 

 

 

 

UNIVERSITAS NIAS FAKULTAS EKONOMI

TA. 2022/2023

UNIVERSITAS NIAS

FAKULTAS EKONOMI

PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah

Kode

Bobot (SKS)

Semester

Tanggal Penyusunan

Perilaku Organisasi

MPB1.007

2

III

26 Agustus 2022

Otorisasi

Koordinator Pengembang

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Ketua Prodi S1 Manajemen

 

 

 

(Eduar Baene, SE., M.Si)

NIDN. 0115048003

 

 

 

(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)

NIDN. 0129059502

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (CPL-Prodi)

1.       Sikap

a.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.

b.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

c.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan PancasilaBerkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

d.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa..

e.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

f.        Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

g.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

h.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

i.         Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

j.         Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

k.       Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap emaptik.

l.         Menerapkan Nilai-Nilai Jaya yang meliputi Integritas, Keadilan, Komitmen, Disiplin, dan Motivasi.

 

2.       Pengetahuan

a.      Menguasai konsep dasar dan teori dasar tentang pengelolaan bisnis dan praktik manajemen dalam skala nasional, internasional, dan global.

b.      Menguasai konsep dasar dan teori utama mengenai proses dan fungsi manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, dan manajemen stratejik.

c.       Menguasai konsep dasar dan teori dasar tentang perilaku baik dalam lingkup personal maupun organisasional.

d.      Menguasai teknik- teknik statistika dasar, metode penelitian dalam bisnis dan manajemen, dan teknik-teknik analisis data serta penerapannya dalam penelitian di bidang bisnis dan manajemen.

e.      Menguasai konsep, teori, prinsip, dan pendekatan dalam merancang, mengembangkan, dan meningkatkan usaha dengan pengetahuan, kemampuan, dan pilihan berdasarkan pertimbangan kritis dan komprehensif.

f.        Menguasai konsep, teori, dan prinsip dasar etika dalam mengambil keputusan dan tindakan nyata baik dalam kapasitas sebagai pribadi maupun profesional.

 

3.       Ketrampilan

a.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

b.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

c.       Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

d.      Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

e.      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

f.        Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

g.      Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

h.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

i.         Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan :

M1 Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep teoritis tentang Analisa Jabatan dan Pengembangan Karir (Sa, Ka, Pa)

M2 Mahasiswa mengerti dan mampu mengidentifikasi kegiatan dan fungsi analisa jabatan dalam organisasi, memiliki kemampuan untuk menggambarkan dan melakukan analisis berbagai metode pengembangan karir dalam organisasi (Sf, Ka, Pb)

M3 Mahasiswa mampu membuat rencana analisa jabatan dan pengembangan karir dalam sebuah organisasi (Sa, Ka)

M4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pada karyawan dan mampu menganalisa permasalahannya serta memberikan alternatif penyelesaian sesuasi dengan teori dan situasi di lapangan (Sf, Pb)

 

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas perilaku manusia dalam organisasi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan multi disiplin, Cakupan bahasan mata kuliah ini adalah perilaku sturuktur dan proses organisasi. Level analisisnya mencakup level individual, kelompok dan organisasional. Topik perilaku dibedakan menjadi perilaku individu, serta perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal. Perilaku individu dibagi dalam dua bagian: perilaku individu dan perbedaannya, serta motivasi. Perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal dibagi menjadi empat topik bagian utama berupa perilaku kelompok, perilaku antar kelompok, kekuasaan dan politik, serta kepemimpinan. Topik struktur organisasi pada intinya membicarakan struktur organisasi, serta desain pekerjaan dan organisasi.

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

ü  Pengertian perilaku organisasional

ü  Pengertian keragaman dalam organisasi dan implikasinya.

ü  Pengertian sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya

ü  Pengertian emosi dan moods.

ü  Pengertian kepribadian dan nilai-nilai.

ü  Pengertian persepsi dan pengambilan keputusan individual.

ü  Konsep motivasi dan aplikasinya.

ü  Pengertian dan kelengkapan kelompok.

ü  Komunikasi.

ü  Pengertian kekuasaan dan sumber kekuasaan.

ü  Pengertian konflik.

ü  Pengertian struktur organisasi.

ü  Pengertian budaya organisasi.

Pustaka

Utama :

Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A. (2021). Perilaku Organisasi. Edisi Global 16. Jakarta: Salemba Empat.

 

Penunjang :

Kreitner, Robert, Angelo Kinicki. (2014). Perilaku Organisasi: Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

 

Media Pembelajaran

Laptop, Proyektor, Whiteboard dan Internet.

Team Teaching

1.      Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M.,

2.      Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.

3.      Eduard Baene, SE.,M.Si

Mata Kuliah Bersyarat

Pengantar Manajemen

Pertemuan Ke-

Sub CP-MK

(Kemampuan Akhir Yang Diharapkan)

Indikator

Kriteria dan Bentuk Penilaian

Metode Pembelajaran

(Estimasi Waktu TM/PT/BM)

Materi Pembelajaran

(Pustaka)

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

Mampu memahami kompetensi, struktur perkuliahan, tugas dan kontrak belajar.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hal-hal yang dilakukan oleh manajer

2.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan defenisi perilaku organisasi

3.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan manfaat studi sistematis PO

4.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan berbagai tantangan dan peluang bagi manajer untuk menggunakan konsep-konsep PO

-

Ceramah dan

diskusi. Waktu 1

(2x50 menit)

ü  RPS,

ü  Kontrak belajar,

ü  pengertian perilaku organisasional (Chapter 1),

ü  Pembagian kelompok.

-

2-3

Mampu memahami, menjelaskan dan mempresentasikan keragaman dalam organisasi, sikap dan kepuasan kerja.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan Membedakan tiga komponen sikap

2.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hubungan antara sikap dan perilaku persamaan dan perbedaan antara kepuasan kerja dan sikap kerja

3.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan sebab-sebab utama kepuasan kerja

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group

Discussion &

presentation - Case Study. Waktu 2

(2x50 menit)

ü  Pengertian keragaman dalam organisasi dan implikasinya (Chapter 2).

ü  Pengertian sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya (Chapter 3)

5%

4-5

Mampu mengidentifikasi, mempresentasikan dan bekerja sama untuk mengelola emosi dan mood serta kepribadian dan nilainilai individu.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami Membedakan emosi dan suasana hati

2.       Mahasiswa mampu memahami Mengidentifikasi sumber – sumber emosi dan suasana hati

3.       Mahasiswa mampu memahami dampak tenaga kerja emosional bagi karyawan

4.       Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang menentukan kepribadian seorang individu

5.       Mahasiswa mampu memahami kerangka kepribadian Myers-Briggs Type Indicator

6.       Mahasiswa mampu memahami nilai-nilai dominan dari angkatan kerja zaman sekarang

7.       Mahasiswa mampu memahami lima dimensi nilai kultur nasional oleh Hofstede

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group

Discussion &

presentation – Case

Study. Waktu 2

(2x50 menit)

ü  Pengertian emosi dan moods (Chapter 4).

ü  Pengertian kepribadian dan nilai-nilai (Chapter 5).

5%

6-7

Mampu memahami, mengidentifikasi, dan mempresentasikan persepsi, pengambilan keputusan individual dan konsep-konsep motivasi

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami tiga faktor penentu hubungan

2.       Mahasiswa mampu memahami bagaimana jalan pintas bisa membantu atau mengubah penilaian kita tentang orang lain

3.       Mahasiswa mampu memahami bagaimana persepsi mempengaruhi proses pembuatan keputusan

4.       Mahasiswa mampu memahami kesalahan-kesalahan keputusan umum

5.       Mahasiswa mampu memahami proses motivasi

6.       Mahasiswa mampu memahami hierarki kebutuhan Maslow

7.       Mahasiswa mampu memahami cara-cara untuk meningkatkan efektivitas diri

8.       Mahasiswa mampu memahami dampak dari kurangnya pemberian penghargaan kepada karyawan

9.       Mahasiswa mampu memahami cara-cara di mana karyawan bisa dimotivasi dengan mengubah lingkungan kerja

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group Discussion & presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)

ü  Pengertian persepsi dan pengambilan keputusan individual (Chapter 6).

ü  Konsep motivasi dan aplikasinya (Chapter 7 dan 8).

5%

8

Evaluasi Tengah Semester : Melakukan Validasi Hasil Penilaian, Evaluasi dan Perbaikan Proses Pembelajaran Lanjutan                          30%

9-10

Mampu memahami, menganalisis, dan mempresentasikan dasardasar perilaku kelompok

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami dan membedakan antara kelompok formal dan informal

2.       Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan dua model perkembangan kelompok

3.       Mahasiswa mampu memahami proses komunikasi

4.       Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan kekuatan dan kelemahan komunikasi oral dengan komunikasi tertulis

5.       Mahasiswa mampu memahami berbagai hambatan umum dari komunikasi yang efektif

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi &

presentasi, Kerjasama tim.

Small Group

Discussion &

presentation - Case Study. Waktu 2

(2x50 menit)

ü  Pengertian dan kelengkapan kelompok (Chapter 9).

ü  Komunikasi (Chapter 11)

5%

11-12

Mampu memahami, menganalisis, dan mempresentasikan kekuasaan dan politik; konflik dan negosiasi

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu mendefinisikan kekuasaan serta membedakan kepemimpinan dengan kekuasaan.

2.       Mahasiswa mampu Membedakan lima dasar kekuasaan.

3.       Mahasiswa mampu menjelaskan peran ketergantungan dalam hubungan kekuasaan.

4.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi sembilan kekuasaan atau taktik-taktik yang memengaruhi dan kontingensi mereka.

5.       Mahasiswa mampu membedakan pandangan atas konflik di antara para tradisional dan yang interaksionis.

6.       Menggambarkan tiga tipe konflik dan dua lokus konflik.

7.       Mahasiswa mampu menguraikan proses konflik.

8.       Mahasiswa mampu membedakan perundingan yang distributif dan integratif.

9.       Mahasiswa mampu menerapkan lima tahap dalam proses negosiasi.

10.   Mahasiswa mampu memperlihatkan bagaimana perbedaan individual memengaruhi negosiasi.

11.   Mahasiswa mampu menilai peranan dan fungsi dari negosiasi dengan pihak ketiga.

 

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group Discussion & presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)

ü  Pengertian kekuasaan dan sumber kekuasaan (Chapter 13).

ü  Pengertian konflik (Chapter 14)

5%

13-15

Mampu memahami, menganalisis dan mempresentasikan dasardasar struktur organisasi dan budaya organisasi.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi enam elemen struktur organisasi.

2.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik dari birokrasi.

3.       Mahasiswa mampu menggambarkan matriks organisasi.

4.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik organisasi virtual.

5.       Mahasiswa mampu memperlihatkan bagaimana para manajer ingin menciptakan organisasi yang tak berbatas.

6.       Mahasiswa mampu memperlihatkan bagaimana struktur organisasi yang berbeda, dan mengontraskan model struktural mekanik dengan organik.

7.       Mahasiswa mampu menganalisis implikasi perilaku dari desain organisasional yang berbeda.

8.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode seleksi awal yang sangat berguna.

9.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode seleksi substantif yang sangat berguna.

10.   Mahasiswa mampu mendefinisikan seleksi kontingen.

11.   Mahasiswa mampu membandingkan empat tipe utama dari pelatihan.

12.   Mahasiswa mampu mengontraskan metode pelatihan secara formal dengan informal.

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group Discussion & presentation - Case Study. Waktu 3 (2x50 menit)

ü  Pengertian struktur organisasi (Chapter 15).

ü  Pengertian budaya organisasi (Chapter 16).

5%

16

Evaluasi Akhir Semester : Melakukan Validasi Penilaian Akhir dan Menentukan Kelulusan                                                                               40%

 

 

 

 

Mengetahui :

Dosen Pengampu Mata Kuliah

Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi

 

 

 

 (Eduar Baene, SE.,M.Si)

                                        NIDN. 0115048003

 

 

 

(Aferiaman Telaumbanua, S.E.,M.M.)

NIDN. 0116047202

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KONTRAK KULIAH

 

A.       Identifikasi Mata Kuliah

Nama/Kode Mata Kuliah                : Perilaku Organisasi

Satuan Kredit Semester (SKS)       : Dua (2) SKS

Semester/Tahun Akademik            : Ganjil/ T.A 2022/2023

Status Mata Kuliah                         :

Program Studi                                : Manajemen

Jenjang                                          : Strata Satu (S1)

Dosen Pengampu                          : Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M. Eduard Baene, SE.,M.Si

 

Pernyataan Kesepakatan

Pada hari ini senin tanggal dua puluh satu bulan maret tahun dua ribu dua puluh dua, kami mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nias menyatakan  memenuhi beberapa kesepakatan dengan Dosen Pengampu dalam pelaksanaan perkuliahan tersebut di atas.

 

B.     Pernyataan Kesepakatan

Hak Dosen

Hak Mahasiswa

1.

Mendapat pengakuan dari program studi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

1.

Mengontrak mata kuliah sesuai dengan yang direncanakannya.

2.

Memberikan skor penilaian berdasarkan kemampuan mahasiswa.

2.

Mendapat nilai yang diberikan/diukur oleh dosen.

3.

Mengelola kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan capaian pembelajaran secara optimal.

3.

Mengikuti perkuliahan sesuai dengan yang direncanakan oleh dosen.

4.

Mengeluarkan  mahasiswa apabila tidak mematuhi kontrak yang disepakati.

4.

Meminta perkuliahan diganti, apabila dosen tidak datang tanpa alasan.

5.

Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membantu memahami materi.

5.

Meminta penjelasan atas tugas yang diberikan oleh dosen.

Kewajiban Dosen

Kewajiban Mahasiswa

1.

Memberikan contoh/teladan kepada mahasiswa baik sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan tanggungjawabnya.

1.

Meneladani kebaikan sikap, kedalaman dan keluasan pengetahuan, dan ketrampilan dosen.

2.

Menyampaikan/mengelola pembelajaran sesuai dengan jadwal yg telah ditetapkan.

2.

Hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan sesuai yang telah ditetapkan.

3.

Membimbing mahasiswa untuk memahami materi yang disajikan.

3.

Berusaha untuk mememahami materi yang disampaikan/diberikan.

4.

Memberikan nilai sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan ketrampilannya.

4.

Menyerahkan tugas  untuk dinilai dosen yang bersangkutan.

 

C.     Perjanjian dan Komitmen

1.

Mahasiswa harus masuk ke dalam kelas sebelum perkuliahan di mulai.

2.

Mahasiswa boleh masuk ke dalam kelas untuk mengikuti perkuliahan, maksimum terlambat  selama 10 menit setelah dosen memberikan kuliah.

3.

Apabila dosen tidak hadir setelah 10 menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen tersebut via telp./hp untuk menanyakan apakah perkuliahan ada atau  tidak.

4.

Mahasiswa minimal hadir 75% dari jumlah perkuliahan yang direncanakan untuk dapat mengikuti ujian final.

5.

Apabila mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan kepada dosen disertai dengan bukti/alasan ketidakhadiran.

6.

Mahasiswa dilarang merokok sewaktu perkuliahan (dalam kelas).

7.

Mahasiswa dan dosen memakai pakaian yang rapi dan sopan sewaktu pelaksanaan perkuliahan.

8.

Sewaktu mulai perkuliahan, mahasiswa telah menyiapkan perangkat/sarana yang dibutuhkan untuk kelancaran perkuliahan, seperti papan tulis, proyektor, dll.

9.

Setelah selesai perkuliahan, mahasiswa menyelesaiakan/merapikan semua peragkat/sarana kuliah yang dipakai, misal: memulangkan infokus, dll.

10.

Mahasiswa harus memiliki komitmen untuk mengikuti perkuliahan dengan baik dan melaksanakan semua tugas yang disepakati secara optimal.

11.

Mahasiswa harus mengerjakan semua tugas yang sudah disepakati secara optimal.

12.

Mahasiswa harus menyerahkan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama.

13.

Penilaian dilaksanakan atas dasar tugas, partisipasi, dan tes yang dilakukan selama proses belajar.

14.

Masih dimungkinkan dalam perkuliahan timbul perjanjian/komitmen baru, untuk mendukung keberhasilan pelaksanakan perkuliahan.


D.     Ikatan Batin Dosen dan Mahasiswa

1.

Dosen dan mahasiswa secara bersama-sama bertanggungjawab untuk terjalinnya kegiatan pembelajaran yang baik

2.

Dosen dan mahasiswa memiliki komitmen yang sama untuk optimalnya pencapaian kompetensi mahasiswa sesuai dengan yang ditetapkan.

3.

Apabila terjadi kekurangpahaman dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa secara terbuka mau bertanya kepada dosen untuk meminta penjelasan.

4.

Tidak tertutup kemungkinan komunikasi terjalin antara dosen dan mahasiswa di luar waktu perkuliahan, untuk membicarakan yang berhubungan dengan materi kuliah.

5.

Tidak terjadi jarak secara batin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan.

6.

Terbuka beberapa ikatan lainnya, agar isi kontrak kuliah dapat berjalan dengan baik.

 

Demikian kontrak kuliah ini dibuat bersama tanpa ada paksaan oleh pihak manapun dan kontrak kuliah ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan dan bilamana ada hal-hal yang belum termuat dalam kontrak ini tetapi dianggap perlu, maka dapat dilaksanakan atas kesepakatan bersama.

 

Para Pihak Yang Bersepakat

Dosen Pengampu Mata Kuliah

 

 

 

(......................................)

NIDN.

 

Perwakilan Mahasiswa :

 

Lokal M.B-01

 

 

 

(________________________)

   NPM.

Lokal M.B-02

 

 

 

(_________________________)

    NPM.

Lokal M.B-03

 

 

 

(_________________________)

   NPM.

Lokal M.B-04

 

 

 

(_________________________)

  NPM.

 

Lokal M.B-05

 

 

 

(________________________)

   NPM.

Lokal M.B-06

 

 

 

(_________________________)

    NPM.

Lokal M.B-07

 

 

 

(_________________________)

   NPM.

Lokal M.B-08

 

 

 

(_________________________)

  NPM.

 

Mengetahui :

Ketua Program Studi S1 Manajemen

 

 

 

(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)

NIDN. 0129059502

 NA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

&

KONTRAK KULIAH

 

 

 

 

 

 

Nama Mata Kuliah                            : Perilaku Organisasi

Semester                                           : Tiga (3)

Satuan Kredit Semester (SKS)         : Dua (2) SKS

Dosen Pengampu                             : Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.

                                                             Eduar Baene, SE.,M.Si

Program Studi                                   : Manajemen

 

 

 

 

UNIVERSITAS NIAS FAKULTAS EKONOMI

TA. 2022/2023

UNIVERSITAS NIAS

FAKULTAS EKONOMI

PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah

Kode

Bobot (SKS)

Semester

Tanggal Penyusunan

Perilaku Organisasi

MPB1.007

2

III

26 Agustus 2022

Otorisasi

Koordinator Pengembang

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Ketua Prodi S1 Manajemen

 

 

 

(Eduar Baene, SE., M.Si)

NIDN. 0115048003

 

 

 

(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)

NIDN. 0129059502

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (CPL-Prodi)

1.       Sikap

a.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.

b.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

c.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan PancasilaBerkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

d.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa..

e.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

f.        Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

g.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

h.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

i.         Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

j.         Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

k.       Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap emaptik.

l.         Menerapkan Nilai-Nilai Jaya yang meliputi Integritas, Keadilan, Komitmen, Disiplin, dan Motivasi.

 

2.       Pengetahuan

a.      Menguasai konsep dasar dan teori dasar tentang pengelolaan bisnis dan praktik manajemen dalam skala nasional, internasional, dan global.

b.      Menguasai konsep dasar dan teori utama mengenai proses dan fungsi manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, dan manajemen stratejik.

c.       Menguasai konsep dasar dan teori dasar tentang perilaku baik dalam lingkup personal maupun organisasional.

d.      Menguasai teknik- teknik statistika dasar, metode penelitian dalam bisnis dan manajemen, dan teknik-teknik analisis data serta penerapannya dalam penelitian di bidang bisnis dan manajemen.

e.      Menguasai konsep, teori, prinsip, dan pendekatan dalam merancang, mengembangkan, dan meningkatkan usaha dengan pengetahuan, kemampuan, dan pilihan berdasarkan pertimbangan kritis dan komprehensif.

f.        Menguasai konsep, teori, dan prinsip dasar etika dalam mengambil keputusan dan tindakan nyata baik dalam kapasitas sebagai pribadi maupun profesional.

 

3.       Ketrampilan

a.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

b.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

c.       Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

d.      Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

e.      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

f.        Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

g.      Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

h.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

i.         Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan :

M1 Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep teoritis tentang Analisa Jabatan dan Pengembangan Karir (Sa, Ka, Pa)

M2 Mahasiswa mengerti dan mampu mengidentifikasi kegiatan dan fungsi analisa jabatan dalam organisasi, memiliki kemampuan untuk menggambarkan dan melakukan analisis berbagai metode pengembangan karir dalam organisasi (Sf, Ka, Pb)

M3 Mahasiswa mampu membuat rencana analisa jabatan dan pengembangan karir dalam sebuah organisasi (Sa, Ka)

M4 Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pada karyawan dan mampu menganalisa permasalahannya serta memberikan alternatif penyelesaian sesuasi dengan teori dan situasi di lapangan (Sf, Pb)

 

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas perilaku manusia dalam organisasi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan multi disiplin, Cakupan bahasan mata kuliah ini adalah perilaku sturuktur dan proses organisasi. Level analisisnya mencakup level individual, kelompok dan organisasional. Topik perilaku dibedakan menjadi perilaku individu, serta perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal. Perilaku individu dibagi dalam dua bagian: perilaku individu dan perbedaannya, serta motivasi. Perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal dibagi menjadi empat topik bagian utama berupa perilaku kelompok, perilaku antar kelompok, kekuasaan dan politik, serta kepemimpinan. Topik struktur organisasi pada intinya membicarakan struktur organisasi, serta desain pekerjaan dan organisasi.

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

ü  Pengertian perilaku organisasional

ü  Pengertian keragaman dalam organisasi dan implikasinya.

ü  Pengertian sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya

ü  Pengertian emosi dan moods.

ü  Pengertian kepribadian dan nilai-nilai.

ü  Pengertian persepsi dan pengambilan keputusan individual.

ü  Konsep motivasi dan aplikasinya.

ü  Pengertian dan kelengkapan kelompok.

ü  Komunikasi.

ü  Pengertian kekuasaan dan sumber kekuasaan.

ü  Pengertian konflik.

ü  Pengertian struktur organisasi.

ü  Pengertian budaya organisasi.

Pustaka

Utama :

Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A. (2021). Perilaku Organisasi. Edisi Global 16. Jakarta: Salemba Empat.

 

Penunjang :

Kreitner, Robert, Angelo Kinicki. (2014). Perilaku Organisasi: Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

 

Media Pembelajaran

Laptop, Proyektor, Whiteboard dan Internet.

Team Teaching

1.      Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M.,

2.      Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.

3.      Eduard Baene, SE.,M.Si

Mata Kuliah Bersyarat

Pengantar Manajemen

Pertemuan Ke-

Sub CP-MK

(Kemampuan Akhir Yang Diharapkan)

Indikator

Kriteria dan Bentuk Penilaian

Metode Pembelajaran

(Estimasi Waktu TM/PT/BM)

Materi Pembelajaran

(Pustaka)

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

Mampu memahami kompetensi, struktur perkuliahan, tugas dan kontrak belajar.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hal-hal yang dilakukan oleh manajer

2.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan defenisi perilaku organisasi

3.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan manfaat studi sistematis PO

4.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan berbagai tantangan dan peluang bagi manajer untuk menggunakan konsep-konsep PO

-

Ceramah dan

diskusi. Waktu 1

(2x50 menit)

ü  RPS,

ü  Kontrak belajar,

ü  pengertian perilaku organisasional (Chapter 1),

ü  Pembagian kelompok.

-

2-3

Mampu memahami, menjelaskan dan mempresentasikan keragaman dalam organisasi, sikap dan kepuasan kerja.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan Membedakan tiga komponen sikap

2.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hubungan antara sikap dan perilaku persamaan dan perbedaan antara kepuasan kerja dan sikap kerja

3.       Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan sebab-sebab utama kepuasan kerja

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group

Discussion &

presentation - Case Study. Waktu 2

(2x50 menit)

ü  Pengertian keragaman dalam organisasi dan implikasinya (Chapter 2).

ü  Pengertian sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya (Chapter 3)

5%

4-5

Mampu mengidentifikasi, mempresentasikan dan bekerja sama untuk mengelola emosi dan mood serta kepribadian dan nilainilai individu.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami Membedakan emosi dan suasana hati

2.       Mahasiswa mampu memahami Mengidentifikasi sumber – sumber emosi dan suasana hati

3.       Mahasiswa mampu memahami dampak tenaga kerja emosional bagi karyawan

4.       Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang menentukan kepribadian seorang individu

5.       Mahasiswa mampu memahami kerangka kepribadian Myers-Briggs Type Indicator

6.       Mahasiswa mampu memahami nilai-nilai dominan dari angkatan kerja zaman sekarang

7.       Mahasiswa mampu memahami lima dimensi nilai kultur nasional oleh Hofstede

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group

Discussion &

presentation – Case

Study. Waktu 2

(2x50 menit)

ü  Pengertian emosi dan moods (Chapter 4).

ü  Pengertian kepribadian dan nilai-nilai (Chapter 5).

5%

6-7

Mampu memahami, mengidentifikasi, dan mempresentasikan persepsi, pengambilan keputusan individual dan konsep-konsep motivasi

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami tiga faktor penentu hubungan

2.       Mahasiswa mampu memahami bagaimana jalan pintas bisa membantu atau mengubah penilaian kita tentang orang lain

3.       Mahasiswa mampu memahami bagaimana persepsi mempengaruhi proses pembuatan keputusan

4.       Mahasiswa mampu memahami kesalahan-kesalahan keputusan umum

5.       Mahasiswa mampu memahami proses motivasi

6.       Mahasiswa mampu memahami hierarki kebutuhan Maslow

7.       Mahasiswa mampu memahami cara-cara untuk meningkatkan efektivitas diri

8.       Mahasiswa mampu memahami dampak dari kurangnya pemberian penghargaan kepada karyawan

9.       Mahasiswa mampu memahami cara-cara di mana karyawan bisa dimotivasi dengan mengubah lingkungan kerja

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group Discussion & presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)

ü  Pengertian persepsi dan pengambilan keputusan individual (Chapter 6).

ü  Konsep motivasi dan aplikasinya (Chapter 7 dan 8).

5%

8

Evaluasi Tengah Semester : Melakukan Validasi Hasil Penilaian, Evaluasi dan Perbaikan Proses Pembelajaran Lanjutan                          30%

9-10

Mampu memahami, menganalisis, dan mempresentasikan dasardasar perilaku kelompok

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu memahami dan membedakan antara kelompok formal dan informal

2.       Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan dua model perkembangan kelompok

3.       Mahasiswa mampu memahami proses komunikasi

4.       Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan kekuatan dan kelemahan komunikasi oral dengan komunikasi tertulis

5.       Mahasiswa mampu memahami berbagai hambatan umum dari komunikasi yang efektif

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi &

presentasi, Kerjasama tim.

Small Group

Discussion &

presentation - Case Study. Waktu 2

(2x50 menit)

ü  Pengertian dan kelengkapan kelompok (Chapter 9).

ü  Komunikasi (Chapter 11)

5%

11-12

Mampu memahami, menganalisis, dan mempresentasikan kekuasaan dan politik; konflik dan negosiasi

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu mendefinisikan kekuasaan serta membedakan kepemimpinan dengan kekuasaan.

2.       Mahasiswa mampu Membedakan lima dasar kekuasaan.

3.       Mahasiswa mampu menjelaskan peran ketergantungan dalam hubungan kekuasaan.

4.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi sembilan kekuasaan atau taktik-taktik yang memengaruhi dan kontingensi mereka.

5.       Mahasiswa mampu membedakan pandangan atas konflik di antara para tradisional dan yang interaksionis.

6.       Menggambarkan tiga tipe konflik dan dua lokus konflik.

7.       Mahasiswa mampu menguraikan proses konflik.

8.       Mahasiswa mampu membedakan perundingan yang distributif dan integratif.

9.       Mahasiswa mampu menerapkan lima tahap dalam proses negosiasi.

10.   Mahasiswa mampu memperlihatkan bagaimana perbedaan individual memengaruhi negosiasi.

11.   Mahasiswa mampu menilai peranan dan fungsi dari negosiasi dengan pihak ketiga.

 

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group Discussion & presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)

ü  Pengertian kekuasaan dan sumber kekuasaan (Chapter 13).

ü  Pengertian konflik (Chapter 14)

5%

13-15

Mampu memahami, menganalisis dan mempresentasikan dasardasar struktur organisasi dan budaya organisasi.

Ketepatan menjelaskan materi

 

1.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi enam elemen struktur organisasi.

2.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik dari birokrasi.

3.       Mahasiswa mampu menggambarkan matriks organisasi.

4.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik organisasi virtual.

5.       Mahasiswa mampu memperlihatkan bagaimana para manajer ingin menciptakan organisasi yang tak berbatas.

6.       Mahasiswa mampu memperlihatkan bagaimana struktur organisasi yang berbeda, dan mengontraskan model struktural mekanik dengan organik.

7.       Mahasiswa mampu menganalisis implikasi perilaku dari desain organisasional yang berbeda.

8.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode seleksi awal yang sangat berguna.

9.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode seleksi substantif yang sangat berguna.

10.   Mahasiswa mampu mendefinisikan seleksi kontingen.

11.   Mahasiswa mampu membandingkan empat tipe utama dari pelatihan.

12.   Mahasiswa mampu mengontraskan metode pelatihan secara formal dengan informal.

Kelengkapan dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.

Small Group Discussion & presentation - Case Study. Waktu 3 (2x50 menit)

ü  Pengertian struktur organisasi (Chapter 15).

ü  Pengertian budaya organisasi (Chapter 16).

5%

16

Evaluasi Akhir Semester : Melakukan Validasi Penilaian Akhir dan Menentukan Kelulusan                                                                               40%

 

 

 

 

Mengetahui :

Dosen Pengampu Mata Kuliah

Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi

 

 

 

 (Eduar Baene, SE.,M.Si)

                                        NIDN. 0115048003

 

 

 

(Aferiaman Telaumbanua, S.E.,M.M.)

NIDN. 0116047202

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KONTRAK KULIAH

 

A.       Identifikasi Mata Kuliah

Nama/Kode Mata Kuliah                : Perilaku Organisasi

Satuan Kredit Semester (SKS)       : Dua (2) SKS

Semester/Tahun Akademik            : Ganjil/ T.A 2022/2023

Status Mata Kuliah                         :

Program Studi                                : Manajemen

Jenjang                                          : Strata Satu (S1)

Dosen Pengampu                          : Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M. Eduard Baene, SE.,M.Si

 

Pernyataan Kesepakatan

Pada hari ini senin tanggal dua puluh satu bulan maret tahun dua ribu dua puluh dua, kami mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nias menyatakan  memenuhi beberapa kesepakatan dengan Dosen Pengampu dalam pelaksanaan perkuliahan tersebut di atas.

 

B.     Pernyataan Kesepakatan

Hak Dosen

Hak Mahasiswa

1.

Mendapat pengakuan dari program studi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

1.

Mengontrak mata kuliah sesuai dengan yang direncanakannya.

2.

Memberikan skor penilaian berdasarkan kemampuan mahasiswa.

2.

Mendapat nilai yang diberikan/diukur oleh dosen.

3.

Mengelola kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan capaian pembelajaran secara optimal.

3.

Mengikuti perkuliahan sesuai dengan yang direncanakan oleh dosen.

4.

Mengeluarkan  mahasiswa apabila tidak mematuhi kontrak yang disepakati.

4.

Meminta perkuliahan diganti, apabila dosen tidak datang tanpa alasan.

5.

Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membantu memahami materi.

5.

Meminta penjelasan atas tugas yang diberikan oleh dosen.

Kewajiban Dosen

Kewajiban Mahasiswa

1.

Memberikan contoh/teladan kepada mahasiswa baik sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan tanggungjawabnya.

1.

Meneladani kebaikan sikap, kedalaman dan keluasan pengetahuan, dan ketrampilan dosen.

2.

Menyampaikan/mengelola pembelajaran sesuai dengan jadwal yg telah ditetapkan.

2.

Hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan sesuai yang telah ditetapkan.

3.

Membimbing mahasiswa untuk memahami materi yang disajikan.

3.

Berusaha untuk mememahami materi yang disampaikan/diberikan.

4.

Memberikan nilai sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan ketrampilannya.

4.

Menyerahkan tugas  untuk dinilai dosen yang bersangkutan.

 

C.     Perjanjian dan Komitmen

1.

Mahasiswa harus masuk ke dalam kelas sebelum perkuliahan di mulai.

2.

Mahasiswa boleh masuk ke dalam kelas untuk mengikuti perkuliahan, maksimum terlambat  selama 10 menit setelah dosen memberikan kuliah.

3.

Apabila dosen tidak hadir setelah 10 menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen tersebut via telp./hp untuk menanyakan apakah perkuliahan ada atau  tidak.

4.

Mahasiswa minimal hadir 75% dari jumlah perkuliahan yang direncanakan untuk dapat mengikuti ujian final.

5.

Apabila mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan kepada dosen disertai dengan bukti/alasan ketidakhadiran.

6.

Mahasiswa dilarang merokok sewaktu perkuliahan (dalam kelas).

7.

Mahasiswa dan dosen memakai pakaian yang rapi dan sopan sewaktu pelaksanaan perkuliahan.

8.

Sewaktu mulai perkuliahan, mahasiswa telah menyiapkan perangkat/sarana yang dibutuhkan untuk kelancaran perkuliahan, seperti papan tulis, proyektor, dll.

9.

Setelah selesai perkuliahan, mahasiswa menyelesaiakan/merapikan semua peragkat/sarana kuliah yang dipakai, misal: memulangkan infokus, dll.

10.

Mahasiswa harus memiliki komitmen untuk mengikuti perkuliahan dengan baik dan melaksanakan semua tugas yang disepakati secara optimal.

11.

Mahasiswa harus mengerjakan semua tugas yang sudah disepakati secara optimal.

12.

Mahasiswa harus menyerahkan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama.

13.

Penilaian dilaksanakan atas dasar tugas, partisipasi, dan tes yang dilakukan selama proses belajar.

14.

Masih dimungkinkan dalam perkuliahan timbul perjanjian/komitmen baru, untuk mendukung keberhasilan pelaksanakan perkuliahan.


D.     Ikatan Batin Dosen dan Mahasiswa

1.

Dosen dan mahasiswa secara bersama-sama bertanggungjawab untuk terjalinnya kegiatan pembelajaran yang baik

2.

Dosen dan mahasiswa memiliki komitmen yang sama untuk optimalnya pencapaian kompetensi mahasiswa sesuai dengan yang ditetapkan.

3.

Apabila terjadi kekurangpahaman dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa secara terbuka mau bertanya kepada dosen untuk meminta penjelasan.

4.

Tidak tertutup kemungkinan komunikasi terjalin antara dosen dan mahasiswa di luar waktu perkuliahan, untuk membicarakan yang berhubungan dengan materi kuliah.

5.

Tidak terjadi jarak secara batin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan.

6.

Terbuka beberapa ikatan lainnya, agar isi kontrak kuliah dapat berjalan dengan baik.

 

Demikian kontrak kuliah ini dibuat bersama tanpa ada paksaan oleh pihak manapun dan kontrak kuliah ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan dan bilamana ada hal-hal yang belum termuat dalam kontrak ini tetapi dianggap perlu, maka dapat dilaksanakan atas kesepakatan bersama.

 

Para Pihak Yang Bersepakat

Dosen Pengampu Mata Kuliah

 

 

 

(......................................)

NIDN.

 

Perwakilan Mahasiswa :

 

Lokal M.B-01

 

 

 

(________________________)

   NPM.

Lokal M.B-02

 

 

 

(_________________________)

    NPM.

Lokal M.B-03

 

 

 

(_________________________)

   NPM.

Lokal M.B-04

 

 

 

(_________________________)

  NPM.

 

Lokal M.B-05

 

 

 

(________________________)

   NPM.

Lokal M.B-06

 

 

 

(_________________________)

    NPM.

Lokal M.B-07

 

 

 

(_________________________)

   NPM.

Lokal M.B-08

 

 

 

(_________________________)

  NPM.

 

Mengetahui :

Ketua Program Studi S1 Manajemen

 

 

 

(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)

NIDN. 0129059502

 


Komentar