RPS PERILAKU ORGANISASI
RENCARENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER (RPS)
&
KONTRAK KULIAH
Nama Mata Kuliah : Perilaku Organisasi
Semester : Tiga (3)
Satuan Kredit Semester
(SKS) : Dua (2) SKS
Dosen Pengampu : Rahmat SBJ. Hulu,
S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.
Eduar Baene, SE.,M.Si
Program Studi : Manajemen
UNIVERSITAS
NIAS FAKULTAS EKONOMI
TA.
2022/2023
|
UNIVERSITAS NIAS
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
|
Mata Kuliah
|
Kode
|
Bobot (SKS)
|
Semester
|
Tanggal Penyusunan
|
Perilaku
Organisasi
|
MPB1.007
|
2
|
III
|
26
Agustus 2022
|
Otorisasi
|
Koordinator Pengembang
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
|
Ketua Prodi S1 Manajemen
|
(Eduar Baene, SE., M.Si)
NIDN.
0115048003
|
(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)
NIDN. 0129059502
|
Capaian
Pembelajaran (CP)
|
Capaian Pembelajaran Lulusan Program
Studi (CPL-Prodi)
|
1. Sikap
a.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan mampu menunjukkan sikap religious.
b.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
c.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan
PancasilaBerkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
d.
Berperan sebagai warga negara yang
bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab
pada negara dan bangsa..
e.
Menghargai keanekaragaman budaya,
pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang
lain.
f.
Bekerja sama dan memiliki kepekaan
sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
g.
Taat hukum dan disiplin dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
h.
Menginternalisasi nilai, norma, dan
etika akademik.
i.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab
atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
j.
Menginternalisasi semangat
kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
k.
Menunjukkan perilaku yang didasari
nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap emaptik.
l.
Menerapkan Nilai-Nilai Jaya yang
meliputi Integritas, Keadilan, Komitmen, Disiplin, dan Motivasi.
2. Pengetahuan
a.
Menguasai konsep dasar dan teori
dasar tentang pengelolaan bisnis dan praktik manajemen dalam skala nasional,
internasional, dan global.
b.
Menguasai konsep dasar dan teori
utama mengenai proses dan fungsi manajemen pemasaran, manajemen sumber daya
manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, dan manajemen stratejik.
c.
Menguasai konsep dasar dan teori
dasar tentang perilaku baik dalam lingkup personal maupun organisasional.
d.
Menguasai teknik- teknik statistika
dasar, metode penelitian dalam bisnis dan manajemen, dan teknik-teknik
analisis data serta penerapannya dalam penelitian di bidang bisnis dan
manajemen.
e.
Menguasai konsep, teori, prinsip,
dan pendekatan dalam merancang, mengembangkan, dan meningkatkan usaha dengan
pengetahuan, kemampuan, dan pilihan berdasarkan pertimbangan kritis dan
komprehensif.
f.
Menguasai konsep, teori, dan prinsip
dasar etika dalam mengambil keputusan dan tindakan nyata baik dalam kapasitas
sebagai pribadi maupun profesional.
3. Ketrampilan
a.
Mampu menerapkan pemikiran logis,
kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
b.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur.
c.
Mampu mengkaji implikasi
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan
dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,
tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain
atau kritik seni.
d.
Mampu menyusun deskripsi saintifik
hasil kajian tersebut di dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
e.
Mampu mengambil keputusan secara
tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi
dan data.
f.
Mampu memelihara dan mengembangkan
jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di
luar lembaganya.
g.
Mampu bertanggungjawab atas
pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah
tanggungjawabnya.
h.
Mampu melakukan proses evaluasi diri
terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu
mengelola pembelajaran secara mandiri.
i.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan,
mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi
|
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan :
M1
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep teoritis tentang Analisa Jabatan
dan Pengembangan Karir (Sa, Ka, Pa)
M2
Mahasiswa mengerti dan mampu mengidentifikasi kegiatan dan fungsi analisa
jabatan dalam organisasi, memiliki kemampuan untuk menggambarkan dan
melakukan analisis berbagai metode pengembangan karir dalam organisasi (Sf, Ka,
Pb)
M3
Mahasiswa mampu membuat rencana analisa jabatan dan pengembangan karir dalam
sebuah organisasi (Sa, Ka)
M4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pada karyawan dan mampu
menganalisa permasalahannya serta memberikan alternatif penyelesaian sesuasi
dengan teori dan situasi di lapangan (Sf, Pb)
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas perilaku
manusia dalam organisasi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan multi
disiplin, Cakupan bahasan mata kuliah ini adalah perilaku sturuktur dan
proses organisasi. Level analisisnya mencakup level individual, kelompok dan
organisasional. Topik perilaku dibedakan menjadi perilaku individu, serta
perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal. Perilaku individu dibagi dalam
dua bagian: perilaku individu dan perbedaannya, serta motivasi. Perilaku
kelompok dan pengaruh interpersonal dibagi menjadi empat topik bagian utama
berupa perilaku kelompok, perilaku antar kelompok, kekuasaan dan politik,
serta kepemimpinan. Topik struktur organisasi pada intinya membicarakan
struktur organisasi, serta desain pekerjaan dan organisasi.
|
Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan
|
ü Pengertian
perilaku organisasional
ü Pengertian
keragaman dalam organisasi dan implikasinya.
ü Pengertian
sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya
ü Pengertian
emosi dan moods.
ü Pengertian
kepribadian dan nilai-nilai.
ü Pengertian
persepsi dan pengambilan keputusan individual.
ü Konsep
motivasi dan aplikasinya.
ü Pengertian
dan kelengkapan kelompok.
ü Komunikasi.
ü Pengertian
kekuasaan dan sumber kekuasaan.
ü Pengertian
konflik.
ü Pengertian
struktur organisasi.
ü Pengertian
budaya organisasi.
|
Pustaka
|
Utama :
|
Robbins,
Stephen P. & Judge, Timothy A. (2021). Perilaku Organisasi. Edisi Global
16. Jakarta: Salemba Empat.
|
Penunjang :
|
Kreitner,
Robert, Angelo Kinicki. (2014). Perilaku Organisasi: Edisi 9. Jakarta: Salemba
Empat.
|
Media Pembelajaran
|
Laptop, Proyektor, Whiteboard dan Internet.
|
Team Teaching
|
1. Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M.,
2. Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.
3. Eduard Baene, SE.,M.Si
|
Mata Kuliah Bersyarat
|
Pengantar Manajemen
|
Pertemuan
Ke-
|
Sub
CP-MK
(Kemampuan
Akhir Yang Diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria
dan Bentuk Penilaian
|
Metode
Pembelajaran
(Estimasi
Waktu TM/PT/BM)
|
Materi
Pembelajaran
(Pustaka)
|
Bobot
Penilaian (%)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1
|
Mampu memahami kompetensi, struktur
perkuliahan, tugas dan kontrak belajar.
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hal-hal yang dilakukan oleh manajer
2.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan defenisi perilaku organisasi
3.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan manfaat studi sistematis PO
4.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan berbagai tantangan dan
peluang bagi manajer untuk menggunakan
konsep-konsep PO
|
-
|
Ceramah dan
diskusi. Waktu 1
(2x50 menit)
|
ü RPS,
ü Kontrak
belajar,
ü pengertian
perilaku organisasional (Chapter 1),
ü Pembagian
kelompok.
|
-
|
2-3
|
Mampu memahami, menjelaskan dan
mempresentasikan keragaman dalam organisasi, sikap dan kepuasan kerja.
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan Membedakan tiga
komponen sikap
2.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hubungan antara
sikap dan perilaku persamaan dan
perbedaan antara
kepuasan kerja dan sikap kerja
3.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan sebab-sebab utama kepuasan kerja
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group
Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2
(2x50 menit)
|
ü Pengertian
keragaman dalam organisasi dan implikasinya (Chapter 2).
ü Pengertian
sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya (Chapter 3)
|
5%
|
4-5
|
Mampu mengidentifikasi,
mempresentasikan dan bekerja sama untuk mengelola emosi dan mood serta
kepribadian dan nilainilai individu.
|
Ketepatan
menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami Membedakan emosi dan suasana hati
2.
Mahasiswa mampu memahami Mengidentifikasi sumber – sumber emosi dan suasana
hati
3.
Mahasiswa mampu memahami dampak tenaga kerja emosional bagi karyawan
4.
Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang menentukan kepribadian seorang
individu
5.
Mahasiswa mampu memahami kerangka kepribadian Myers-Briggs Type
Indicator
6.
Mahasiswa mampu memahami nilai-nilai dominan dari angkatan kerja zaman
sekarang
7.
Mahasiswa mampu memahami lima dimensi nilai kultur nasional oleh
Hofstede
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group
Discussion &
presentation – Case
Study. Waktu 2
(2x50 menit)
|
ü Pengertian
emosi dan moods (Chapter 4).
ü Pengertian
kepribadian dan nilai-nilai (Chapter 5).
|
5%
|
6-7
|
Mampu
memahami, mengidentifikasi, dan mempresentasikan persepsi, pengambilan
keputusan individual dan konsep-konsep motivasi
|
Ketepatan
menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami tiga faktor penentu hubungan
2.
Mahasiswa mampu memahami bagaimana jalan pintas bisa membantu atau
mengubah penilaian kita tentang orang lain
3.
Mahasiswa mampu memahami bagaimana persepsi
mempengaruhi proses pembuatan keputusan
4.
Mahasiswa mampu memahami kesalahan-kesalahan keputusan umum
5.
Mahasiswa mampu memahami proses motivasi
6.
Mahasiswa mampu memahami hierarki kebutuhan Maslow
7.
Mahasiswa mampu memahami cara-cara untuk meningkatkan efektivitas diri
8.
Mahasiswa mampu memahami dampak dari kurangnya pemberian
penghargaan kepada karyawan
9.
Mahasiswa mampu memahami cara-cara di mana karyawan bisa dimotivasi
dengan mengubah lingkungan kerja
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)
|
ü Pengertian
persepsi dan pengambilan keputusan individual (Chapter 6).
ü Konsep
motivasi dan aplikasinya (Chapter 7 dan 8).
|
5%
|
8
|
Evaluasi Tengah Semester : Melakukan
Validasi Hasil Penilaian, Evaluasi dan Perbaikan Proses Pembelajaran Lanjutan 30%
|
9-10
|
Mampu
memahami, menganalisis, dan mempresentasikan dasardasar perilaku kelompok
|
Ketepatan
menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami dan membedakan antara kelompok formal dan
informal
2.
Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan dua
model perkembangan kelompok
3.
Mahasiswa mampu memahami proses komunikasi
4.
Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan
kekuatan dan kelemahan komunikasi oral dengan komunikasi tertulis
5.
Mahasiswa mampu memahami berbagai hambatan umum dari komunikasi yang
efektif
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi &
presentasi,
Kerjasama tim.
|
Small Group
Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2
(2x50 menit)
|
ü Pengertian
dan kelengkapan kelompok (Chapter 9).
ü Komunikasi
(Chapter 11)
|
5%
|
11-12
|
Mampu
memahami, menganalisis, dan mempresentasikan kekuasaan dan politik; konflik dan
negosiasi
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu mendefinisikan
kekuasaan serta membedakan kepemimpinan dengan kekuasaan.
2.
Mahasiswa mampu Membedakan lima dasar
kekuasaan.
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan
peran ketergantungan dalam hubungan kekuasaan.
4.
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi sembilan kekuasaan atau taktik-taktik yang memengaruhi dan
kontingensi mereka.
5.
Mahasiswa mampu membedakan pandangan
atas konflik di antara para tradisional dan yang interaksionis.
6.
Menggambarkan
tiga tipe konflik dan dua lokus konflik.
7.
Mahasiswa mampu menguraikan proses
konflik.
8.
Mahasiswa mampu membedakan perundingan
yang distributif dan integratif.
9.
Mahasiswa mampu menerapkan
lima tahap dalam proses negosiasi.
10.
Mahasiswa mampu memperlihatkan
bagaimana perbedaan individual memengaruhi negosiasi.
11.
Mahasiswa mampu menilai peranan dan
fungsi dari negosiasi dengan pihak ketiga.
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)
|
ü Pengertian
kekuasaan dan sumber kekuasaan (Chapter 13).
ü Pengertian
konflik (Chapter 14)
|
5%
|
13-15
|
Mampu
memahami, menganalisis dan mempresentasikan dasardasar struktur organisasi
dan budaya organisasi.
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi enam
elemen struktur organisasi.
2.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
karakteristik dari birokrasi.
3.
Mahasiswa mampu menggambarkan matriks
organisasi.
4.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
karakteristik organisasi virtual.
5.
Mahasiswa mampu memperlihatkan
bagaimana para manajer ingin menciptakan organisasi yang tak berbatas.
6.
Mahasiswa mampu memperlihatkan
bagaimana struktur organisasi yang berbeda, dan mengontraskan model
struktural mekanik dengan organik.
7.
Mahasiswa mampu menganalisis implikasi
perilaku dari desain organisasional yang berbeda.
8.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
metode seleksi awal yang sangat berguna.
9.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
metode seleksi substantif yang sangat berguna.
10.
Mahasiswa mampu mendefinisikan seleksi
kontingen.
11.
Mahasiswa mampu membandingkan empat
tipe utama dari pelatihan.
12.
Mahasiswa mampu mengontraskan metode
pelatihan secara formal dengan informal.
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group Discussion & presentation
- Case Study. Waktu 3 (2x50
menit)
|
ü Pengertian
struktur organisasi (Chapter 15).
ü Pengertian
budaya organisasi (Chapter 16).
|
5%
|
16
|
Evaluasi Akhir Semester : Melakukan
Validasi Penilaian Akhir dan Menentukan Kelulusan 40%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
:
|
Dosen
Pengampu Mata Kuliah
|
Wakil
Dekan I Fakultas Ekonomi
|
(Eduar Baene, SE.,M.Si)
NIDN.
0115048003
|
(Aferiaman
Telaumbanua, S.E.,M.M.)
NIDN.
0116047202
|
|
|
KONTRAK
KULIAH
A. Identifikasi
Mata Kuliah
Nama/Kode Mata Kuliah : Perilaku Organisasi
Satuan Kredit Semester (SKS) : Dua (2) SKS
Semester/Tahun Akademik : Ganjil/
T.A 2022/2023
Status Mata Kuliah :
Program Studi : Manajemen
Jenjang : Strata Satu (S1)
Dosen Pengampu : Rahmat SBJ.
Hulu, S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M. Eduard Baene, SE.,M.Si
Pernyataan
Kesepakatan
Pada hari ini
senin tanggal dua puluh satu bulan maret tahun dua ribu dua puluh dua, kami
mahasiswa Prodi S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Nias menyatakan
memenuhi beberapa kesepakatan dengan Dosen Pengampu dalam pelaksanaan perkuliahan tersebut di atas.
B.
Pernyataan
Kesepakatan
Hak Dosen
|
Hak Mahasiswa
|
1.
|
Mendapat pengakuan dari program studi atas kegiatan
pembelajaran yang dilakukan.
|
1.
|
Mengontrak mata kuliah sesuai dengan yang direncanakannya.
|
2.
|
Memberikan skor penilaian berdasarkan kemampuan
mahasiswa.
|
2.
|
Mendapat nilai yang diberikan/diukur oleh dosen.
|
3.
|
Mengelola kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan capaian pembelajaran
secara optimal.
|
3.
|
Mengikuti perkuliahan sesuai dengan yang direncanakan
oleh dosen.
|
4.
|
Mengeluarkan
mahasiswa apabila tidak mematuhi kontrak yang disepakati.
|
4.
|
Meminta perkuliahan diganti, apabila dosen tidak datang
tanpa alasan.
|
5.
|
Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membantu
memahami materi.
|
5.
|
Meminta penjelasan atas tugas yang diberikan oleh
dosen.
|
Kewajiban Dosen
|
Kewajiban Mahasiswa
|
1.
|
Memberikan contoh/teladan kepada mahasiswa baik sikap,
pengetahuan, ketrampilan, dan tanggungjawabnya.
|
1.
|
Meneladani kebaikan sikap, kedalaman dan keluasan
pengetahuan, dan ketrampilan dosen.
|
2.
|
Menyampaikan/mengelola pembelajaran sesuai dengan jadwal
yg telah ditetapkan.
|
2.
|
Hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan sesuai yang
telah ditetapkan.
|
3.
|
Membimbing mahasiswa untuk memahami materi yang
disajikan.
|
3.
|
Berusaha untuk mememahami materi yang
disampaikan/diberikan.
|
4.
|
Memberikan nilai sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan
ketrampilannya.
|
4.
|
Menyerahkan tugas
untuk dinilai dosen yang bersangkutan.
|
C.
Perjanjian dan Komitmen
1.
|
Mahasiswa harus
masuk ke dalam kelas sebelum perkuliahan di mulai.
|
2.
|
Mahasiswa boleh masuk ke dalam kelas untuk
mengikuti perkuliahan, maksimum terlambat
selama 10 menit setelah dosen memberikan kuliah.
|
3.
|
Apabila dosen tidak hadir setelah 10
menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen tersebut via telp./hp untuk
menanyakan apakah perkuliahan ada atau
tidak.
|
4.
|
Mahasiswa
minimal hadir 75% dari jumlah perkuliahan yang direncanakan untuk dapat
mengikuti ujian final.
|
5.
|
Apabila
mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan kepada dosen disertai dengan
bukti/alasan ketidakhadiran.
|
6.
|
Mahasiswa
dilarang merokok sewaktu perkuliahan (dalam kelas).
|
7.
|
Mahasiswa dan dosen memakai pakaian
yang rapi dan sopan sewaktu pelaksanaan perkuliahan.
|
8.
|
Sewaktu mulai
perkuliahan, mahasiswa telah menyiapkan perangkat/sarana yang dibutuhkan
untuk kelancaran perkuliahan, seperti papan tulis, proyektor, dll.
|
9.
|
Setelah selesai
perkuliahan, mahasiswa menyelesaiakan/merapikan semua peragkat/sarana kuliah
yang dipakai, misal: memulangkan infokus, dll.
|
10.
|
Mahasiswa harus
memiliki komitmen untuk mengikuti perkuliahan dengan baik dan melaksanakan
semua tugas yang disepakati secara optimal.
|
11.
|
Mahasiswa harus
mengerjakan semua tugas yang sudah disepakati secara optimal.
|
12.
|
Mahasiswa harus
menyerahkan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama.
|
13.
|
Penilaian
dilaksanakan atas dasar tugas, partisipasi, dan tes yang dilakukan selama
proses belajar.
|
14.
|
Masih
dimungkinkan dalam perkuliahan timbul perjanjian/komitmen baru, untuk
mendukung keberhasilan pelaksanakan perkuliahan.
|
D.
Ikatan Batin Dosen dan Mahasiswa
1.
|
Dosen dan
mahasiswa secara bersama-sama bertanggungjawab untuk terjalinnya kegiatan
pembelajaran yang baik
|
2.
|
Dosen dan
mahasiswa memiliki komitmen yang sama untuk optimalnya pencapaian kompetensi
mahasiswa sesuai dengan yang ditetapkan.
|
3.
|
Apabila terjadi
kekurangpahaman dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa secara terbuka mau
bertanya kepada dosen untuk meminta penjelasan.
|
4.
|
Tidak tertutup
kemungkinan komunikasi terjalin antara dosen dan mahasiswa di luar waktu
perkuliahan, untuk membicarakan yang berhubungan dengan materi kuliah.
|
5.
|
Tidak terjadi
jarak secara batin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan.
|
6.
|
Terbuka beberapa
ikatan lainnya, agar isi kontrak kuliah dapat berjalan dengan baik.
|
Demikian kontrak kuliah
ini dibuat bersama tanpa
ada paksaan oleh pihak manapun dan kontrak kuliah ini akan dijadikan sebagai
pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan dan bilamana ada hal-hal yang belum
termuat dalam kontrak ini tetapi dianggap perlu, maka dapat dilaksanakan atas
kesepakatan bersama.
Para Pihak Yang Bersepakat
|
Dosen Pengampu Mata Kuliah
|
(......................................)
NIDN.
|
Perwakilan Mahasiswa :
|
Lokal M.B-01
(________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-02
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-03
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-04
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-05
(________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-06
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-07
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-08
(_________________________)
NPM.
|
Mengetahui :
|
Ketua Program
Studi S1 Manajemen
(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)
NIDN. 0129059502
|
NA PEMBELAJARAN
SEMESTER (RPS)
&
KONTRAK KULIAH
Nama Mata Kuliah : Perilaku Organisasi
Semester : Tiga (3)
Satuan Kredit Semester
(SKS) : Dua (2) SKS
Dosen Pengampu : Rahmat SBJ. Hulu,
S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.
Eduar Baene, SE.,M.Si
Program Studi : Manajemen
UNIVERSITAS
NIAS FAKULTAS EKONOMI
TA.
2022/2023
|
UNIVERSITAS NIAS
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
|
Mata Kuliah
|
Kode
|
Bobot (SKS)
|
Semester
|
Tanggal Penyusunan
|
Perilaku
Organisasi
|
MPB1.007
|
2
|
III
|
26
Agustus 2022
|
Otorisasi
|
Koordinator Pengembang
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
|
Ketua Prodi S1 Manajemen
|
(Eduar Baene, SE., M.Si)
NIDN.
0115048003
|
(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)
NIDN. 0129059502
|
Capaian
Pembelajaran (CP)
|
Capaian Pembelajaran Lulusan Program
Studi (CPL-Prodi)
|
1. Sikap
a.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan mampu menunjukkan sikap religious.
b.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
c.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan
PancasilaBerkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
d.
Berperan sebagai warga negara yang
bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab
pada negara dan bangsa..
e.
Menghargai keanekaragaman budaya,
pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang
lain.
f.
Bekerja sama dan memiliki kepekaan
sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
g.
Taat hukum dan disiplin dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
h.
Menginternalisasi nilai, norma, dan
etika akademik.
i.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab
atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
j.
Menginternalisasi semangat
kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
k.
Menunjukkan perilaku yang didasari
nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap emaptik.
l.
Menerapkan Nilai-Nilai Jaya yang
meliputi Integritas, Keadilan, Komitmen, Disiplin, dan Motivasi.
2. Pengetahuan
a.
Menguasai konsep dasar dan teori
dasar tentang pengelolaan bisnis dan praktik manajemen dalam skala nasional,
internasional, dan global.
b.
Menguasai konsep dasar dan teori
utama mengenai proses dan fungsi manajemen pemasaran, manajemen sumber daya
manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, dan manajemen stratejik.
c.
Menguasai konsep dasar dan teori
dasar tentang perilaku baik dalam lingkup personal maupun organisasional.
d.
Menguasai teknik- teknik statistika
dasar, metode penelitian dalam bisnis dan manajemen, dan teknik-teknik
analisis data serta penerapannya dalam penelitian di bidang bisnis dan
manajemen.
e.
Menguasai konsep, teori, prinsip,
dan pendekatan dalam merancang, mengembangkan, dan meningkatkan usaha dengan
pengetahuan, kemampuan, dan pilihan berdasarkan pertimbangan kritis dan
komprehensif.
f.
Menguasai konsep, teori, dan prinsip
dasar etika dalam mengambil keputusan dan tindakan nyata baik dalam kapasitas
sebagai pribadi maupun profesional.
3. Ketrampilan
a.
Mampu menerapkan pemikiran logis,
kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
b.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur.
c.
Mampu mengkaji implikasi
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan
dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,
tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain
atau kritik seni.
d.
Mampu menyusun deskripsi saintifik
hasil kajian tersebut di dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan
mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
e.
Mampu mengambil keputusan secara
tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi
dan data.
f.
Mampu memelihara dan mengembangkan
jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di
luar lembaganya.
g.
Mampu bertanggungjawab atas
pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah
tanggungjawabnya.
h.
Mampu melakukan proses evaluasi diri
terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu
mengelola pembelajaran secara mandiri.
i.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan,
mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi
|
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan :
M1
Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep teoritis tentang Analisa Jabatan
dan Pengembangan Karir (Sa, Ka, Pa)
M2
Mahasiswa mengerti dan mampu mengidentifikasi kegiatan dan fungsi analisa
jabatan dalam organisasi, memiliki kemampuan untuk menggambarkan dan
melakukan analisis berbagai metode pengembangan karir dalam organisasi (Sf, Ka,
Pb)
M3
Mahasiswa mampu membuat rencana analisa jabatan dan pengembangan karir dalam
sebuah organisasi (Sa, Ka)
M4
Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pada karyawan dan mampu
menganalisa permasalahannya serta memberikan alternatif penyelesaian sesuasi
dengan teori dan situasi di lapangan (Sf, Pb)
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas perilaku
manusia dalam organisasi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan multi
disiplin, Cakupan bahasan mata kuliah ini adalah perilaku sturuktur dan
proses organisasi. Level analisisnya mencakup level individual, kelompok dan
organisasional. Topik perilaku dibedakan menjadi perilaku individu, serta
perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal. Perilaku individu dibagi dalam
dua bagian: perilaku individu dan perbedaannya, serta motivasi. Perilaku
kelompok dan pengaruh interpersonal dibagi menjadi empat topik bagian utama
berupa perilaku kelompok, perilaku antar kelompok, kekuasaan dan politik,
serta kepemimpinan. Topik struktur organisasi pada intinya membicarakan
struktur organisasi, serta desain pekerjaan dan organisasi.
|
Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan
|
ü Pengertian
perilaku organisasional
ü Pengertian
keragaman dalam organisasi dan implikasinya.
ü Pengertian
sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya
ü Pengertian
emosi dan moods.
ü Pengertian
kepribadian dan nilai-nilai.
ü Pengertian
persepsi dan pengambilan keputusan individual.
ü Konsep
motivasi dan aplikasinya.
ü Pengertian
dan kelengkapan kelompok.
ü Komunikasi.
ü Pengertian
kekuasaan dan sumber kekuasaan.
ü Pengertian
konflik.
ü Pengertian
struktur organisasi.
ü Pengertian
budaya organisasi.
|
Pustaka
|
Utama :
|
Robbins,
Stephen P. & Judge, Timothy A. (2021). Perilaku Organisasi. Edisi Global
16. Jakarta: Salemba Empat.
|
Penunjang :
|
Kreitner,
Robert, Angelo Kinicki. (2014). Perilaku Organisasi: Edisi 9. Jakarta: Salemba
Empat.
|
Media Pembelajaran
|
Laptop, Proyektor, Whiteboard dan Internet.
|
Team Teaching
|
1. Rahmat SBJ. Hulu, S.Sos., M.M.,
2. Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M.
3. Eduard Baene, SE.,M.Si
|
Mata Kuliah Bersyarat
|
Pengantar Manajemen
|
Pertemuan
Ke-
|
Sub
CP-MK
(Kemampuan
Akhir Yang Diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria
dan Bentuk Penilaian
|
Metode
Pembelajaran
(Estimasi
Waktu TM/PT/BM)
|
Materi
Pembelajaran
(Pustaka)
|
Bobot
Penilaian (%)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1
|
Mampu memahami kompetensi, struktur
perkuliahan, tugas dan kontrak belajar.
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hal-hal yang dilakukan oleh manajer
2.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan defenisi perilaku organisasi
3.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan manfaat studi sistematis PO
4.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan berbagai tantangan dan
peluang bagi manajer untuk menggunakan
konsep-konsep PO
|
-
|
Ceramah dan
diskusi. Waktu 1
(2x50 menit)
|
ü RPS,
ü Kontrak
belajar,
ü pengertian
perilaku organisasional (Chapter 1),
ü Pembagian
kelompok.
|
-
|
2-3
|
Mampu memahami, menjelaskan dan
mempresentasikan keragaman dalam organisasi, sikap dan kepuasan kerja.
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan Membedakan tiga
komponen sikap
2.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan hubungan antara
sikap dan perilaku persamaan dan
perbedaan antara
kepuasan kerja dan sikap kerja
3.
Mahasiswa mampu memahami dan mampu menjelaskan sebab-sebab utama kepuasan kerja
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group
Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2
(2x50 menit)
|
ü Pengertian
keragaman dalam organisasi dan implikasinya (Chapter 2).
ü Pengertian
sikap dan kepuasan kerja dan implikasinya (Chapter 3)
|
5%
|
4-5
|
Mampu mengidentifikasi,
mempresentasikan dan bekerja sama untuk mengelola emosi dan mood serta
kepribadian dan nilainilai individu.
|
Ketepatan
menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami Membedakan emosi dan suasana hati
2.
Mahasiswa mampu memahami Mengidentifikasi sumber – sumber emosi dan suasana
hati
3.
Mahasiswa mampu memahami dampak tenaga kerja emosional bagi karyawan
4.
Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang menentukan kepribadian seorang
individu
5.
Mahasiswa mampu memahami kerangka kepribadian Myers-Briggs Type
Indicator
6.
Mahasiswa mampu memahami nilai-nilai dominan dari angkatan kerja zaman
sekarang
7.
Mahasiswa mampu memahami lima dimensi nilai kultur nasional oleh
Hofstede
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group
Discussion &
presentation – Case
Study. Waktu 2
(2x50 menit)
|
ü Pengertian
emosi dan moods (Chapter 4).
ü Pengertian
kepribadian dan nilai-nilai (Chapter 5).
|
5%
|
6-7
|
Mampu
memahami, mengidentifikasi, dan mempresentasikan persepsi, pengambilan
keputusan individual dan konsep-konsep motivasi
|
Ketepatan
menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami tiga faktor penentu hubungan
2.
Mahasiswa mampu memahami bagaimana jalan pintas bisa membantu atau
mengubah penilaian kita tentang orang lain
3.
Mahasiswa mampu memahami bagaimana persepsi
mempengaruhi proses pembuatan keputusan
4.
Mahasiswa mampu memahami kesalahan-kesalahan keputusan umum
5.
Mahasiswa mampu memahami proses motivasi
6.
Mahasiswa mampu memahami hierarki kebutuhan Maslow
7.
Mahasiswa mampu memahami cara-cara untuk meningkatkan efektivitas diri
8.
Mahasiswa mampu memahami dampak dari kurangnya pemberian
penghargaan kepada karyawan
9.
Mahasiswa mampu memahami cara-cara di mana karyawan bisa dimotivasi
dengan mengubah lingkungan kerja
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)
|
ü Pengertian
persepsi dan pengambilan keputusan individual (Chapter 6).
ü Konsep
motivasi dan aplikasinya (Chapter 7 dan 8).
|
5%
|
8
|
Evaluasi Tengah Semester : Melakukan
Validasi Hasil Penilaian, Evaluasi dan Perbaikan Proses Pembelajaran Lanjutan 30%
|
9-10
|
Mampu
memahami, menganalisis, dan mempresentasikan dasardasar perilaku kelompok
|
Ketepatan
menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu memahami dan membedakan antara kelompok formal dan
informal
2.
Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan dua
model perkembangan kelompok
3.
Mahasiswa mampu memahami proses komunikasi
4.
Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan
kekuatan dan kelemahan komunikasi oral dengan komunikasi tertulis
5.
Mahasiswa mampu memahami berbagai hambatan umum dari komunikasi yang
efektif
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi &
presentasi,
Kerjasama tim.
|
Small Group
Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2
(2x50 menit)
|
ü Pengertian
dan kelengkapan kelompok (Chapter 9).
ü Komunikasi
(Chapter 11)
|
5%
|
11-12
|
Mampu
memahami, menganalisis, dan mempresentasikan kekuasaan dan politik; konflik dan
negosiasi
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu mendefinisikan
kekuasaan serta membedakan kepemimpinan dengan kekuasaan.
2.
Mahasiswa mampu Membedakan lima dasar
kekuasaan.
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan
peran ketergantungan dalam hubungan kekuasaan.
4.
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi sembilan kekuasaan atau taktik-taktik yang memengaruhi dan
kontingensi mereka.
5.
Mahasiswa mampu membedakan pandangan
atas konflik di antara para tradisional dan yang interaksionis.
6.
Menggambarkan
tiga tipe konflik dan dua lokus konflik.
7.
Mahasiswa mampu menguraikan proses
konflik.
8.
Mahasiswa mampu membedakan perundingan
yang distributif dan integratif.
9.
Mahasiswa mampu menerapkan
lima tahap dalam proses negosiasi.
10.
Mahasiswa mampu memperlihatkan
bagaimana perbedaan individual memengaruhi negosiasi.
11.
Mahasiswa mampu menilai peranan dan
fungsi dari negosiasi dengan pihak ketiga.
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group Discussion &
presentation - Case Study. Waktu 2 (2x50 menit)
|
ü Pengertian
kekuasaan dan sumber kekuasaan (Chapter 13).
ü Pengertian
konflik (Chapter 14)
|
5%
|
13-15
|
Mampu
memahami, menganalisis dan mempresentasikan dasardasar struktur organisasi
dan budaya organisasi.
|
Ketepatan menjelaskan materi
1.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi enam
elemen struktur organisasi.
2.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
karakteristik dari birokrasi.
3.
Mahasiswa mampu menggambarkan matriks
organisasi.
4.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
karakteristik organisasi virtual.
5.
Mahasiswa mampu memperlihatkan
bagaimana para manajer ingin menciptakan organisasi yang tak berbatas.
6.
Mahasiswa mampu memperlihatkan
bagaimana struktur organisasi yang berbeda, dan mengontraskan model
struktural mekanik dengan organik.
7.
Mahasiswa mampu menganalisis implikasi
perilaku dari desain organisasional yang berbeda.
8.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
metode seleksi awal yang sangat berguna.
9.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
metode seleksi substantif yang sangat berguna.
10.
Mahasiswa mampu mendefinisikan seleksi
kontingen.
11.
Mahasiswa mampu membandingkan empat
tipe utama dari pelatihan.
12.
Mahasiswa mampu mengontraskan metode
pelatihan secara formal dengan informal.
|
Kelengkapan
dan ketepatan penjelasan, Tingkat komunikasi & presentasi, Kerjasama tim.
|
Small Group Discussion & presentation
- Case Study. Waktu 3 (2x50
menit)
|
ü Pengertian
struktur organisasi (Chapter 15).
ü Pengertian
budaya organisasi (Chapter 16).
|
5%
|
16
|
Evaluasi Akhir Semester : Melakukan
Validasi Penilaian Akhir dan Menentukan Kelulusan 40%
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
:
|
Dosen
Pengampu Mata Kuliah
|
Wakil
Dekan I Fakultas Ekonomi
|
(Eduar Baene, SE.,M.Si)
NIDN.
0115048003
|
(Aferiaman
Telaumbanua, S.E.,M.M.)
NIDN.
0116047202
|
|
|
KONTRAK
KULIAH
A. Identifikasi
Mata Kuliah
Nama/Kode Mata Kuliah : Perilaku Organisasi
Satuan Kredit Semester (SKS) : Dua (2) SKS
Semester/Tahun Akademik : Ganjil/
T.A 2022/2023
Status Mata Kuliah :
Program Studi : Manajemen
Jenjang : Strata Satu (S1)
Dosen Pengampu : Rahmat SBJ.
Hulu, S.Sos., M.M., Cardinal P Mendrofa, S.Sos., M.M. Eduard Baene, SE.,M.Si
Pernyataan
Kesepakatan
Pada hari ini
senin tanggal dua puluh satu bulan maret tahun dua ribu dua puluh dua, kami
mahasiswa Prodi S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Nias menyatakan
memenuhi beberapa kesepakatan dengan Dosen Pengampu dalam pelaksanaan perkuliahan tersebut di atas.
B.
Pernyataan
Kesepakatan
Hak Dosen
|
Hak Mahasiswa
|
1.
|
Mendapat pengakuan dari program studi atas kegiatan
pembelajaran yang dilakukan.
|
1.
|
Mengontrak mata kuliah sesuai dengan yang direncanakannya.
|
2.
|
Memberikan skor penilaian berdasarkan kemampuan
mahasiswa.
|
2.
|
Mendapat nilai yang diberikan/diukur oleh dosen.
|
3.
|
Mengelola kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan capaian pembelajaran
secara optimal.
|
3.
|
Mengikuti perkuliahan sesuai dengan yang direncanakan
oleh dosen.
|
4.
|
Mengeluarkan
mahasiswa apabila tidak mematuhi kontrak yang disepakati.
|
4.
|
Meminta perkuliahan diganti, apabila dosen tidak datang
tanpa alasan.
|
5.
|
Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membantu
memahami materi.
|
5.
|
Meminta penjelasan atas tugas yang diberikan oleh
dosen.
|
Kewajiban Dosen
|
Kewajiban Mahasiswa
|
1.
|
Memberikan contoh/teladan kepada mahasiswa baik sikap,
pengetahuan, ketrampilan, dan tanggungjawabnya.
|
1.
|
Meneladani kebaikan sikap, kedalaman dan keluasan
pengetahuan, dan ketrampilan dosen.
|
2.
|
Menyampaikan/mengelola pembelajaran sesuai dengan jadwal
yg telah ditetapkan.
|
2.
|
Hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan sesuai yang
telah ditetapkan.
|
3.
|
Membimbing mahasiswa untuk memahami materi yang
disajikan.
|
3.
|
Berusaha untuk mememahami materi yang
disampaikan/diberikan.
|
4.
|
Memberikan nilai sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan
ketrampilannya.
|
4.
|
Menyerahkan tugas
untuk dinilai dosen yang bersangkutan.
|
C.
Perjanjian dan Komitmen
1.
|
Mahasiswa harus
masuk ke dalam kelas sebelum perkuliahan di mulai.
|
2.
|
Mahasiswa boleh masuk ke dalam kelas untuk
mengikuti perkuliahan, maksimum terlambat
selama 10 menit setelah dosen memberikan kuliah.
|
3.
|
Apabila dosen tidak hadir setelah 10
menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen tersebut via telp./hp untuk
menanyakan apakah perkuliahan ada atau
tidak.
|
4.
|
Mahasiswa
minimal hadir 75% dari jumlah perkuliahan yang direncanakan untuk dapat
mengikuti ujian final.
|
5.
|
Apabila
mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan kepada dosen disertai dengan
bukti/alasan ketidakhadiran.
|
6.
|
Mahasiswa
dilarang merokok sewaktu perkuliahan (dalam kelas).
|
7.
|
Mahasiswa dan dosen memakai pakaian
yang rapi dan sopan sewaktu pelaksanaan perkuliahan.
|
8.
|
Sewaktu mulai
perkuliahan, mahasiswa telah menyiapkan perangkat/sarana yang dibutuhkan
untuk kelancaran perkuliahan, seperti papan tulis, proyektor, dll.
|
9.
|
Setelah selesai
perkuliahan, mahasiswa menyelesaiakan/merapikan semua peragkat/sarana kuliah
yang dipakai, misal: memulangkan infokus, dll.
|
10.
|
Mahasiswa harus
memiliki komitmen untuk mengikuti perkuliahan dengan baik dan melaksanakan
semua tugas yang disepakati secara optimal.
|
11.
|
Mahasiswa harus
mengerjakan semua tugas yang sudah disepakati secara optimal.
|
12.
|
Mahasiswa harus
menyerahkan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama.
|
13.
|
Penilaian
dilaksanakan atas dasar tugas, partisipasi, dan tes yang dilakukan selama
proses belajar.
|
14.
|
Masih
dimungkinkan dalam perkuliahan timbul perjanjian/komitmen baru, untuk
mendukung keberhasilan pelaksanakan perkuliahan.
|
D.
Ikatan Batin Dosen dan Mahasiswa
1.
|
Dosen dan
mahasiswa secara bersama-sama bertanggungjawab untuk terjalinnya kegiatan
pembelajaran yang baik
|
2.
|
Dosen dan
mahasiswa memiliki komitmen yang sama untuk optimalnya pencapaian kompetensi
mahasiswa sesuai dengan yang ditetapkan.
|
3.
|
Apabila terjadi
kekurangpahaman dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa secara terbuka mau
bertanya kepada dosen untuk meminta penjelasan.
|
4.
|
Tidak tertutup
kemungkinan komunikasi terjalin antara dosen dan mahasiswa di luar waktu
perkuliahan, untuk membicarakan yang berhubungan dengan materi kuliah.
|
5.
|
Tidak terjadi
jarak secara batin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan.
|
6.
|
Terbuka beberapa
ikatan lainnya, agar isi kontrak kuliah dapat berjalan dengan baik.
|
Demikian kontrak kuliah
ini dibuat bersama tanpa
ada paksaan oleh pihak manapun dan kontrak kuliah ini akan dijadikan sebagai
pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan dan bilamana ada hal-hal yang belum
termuat dalam kontrak ini tetapi dianggap perlu, maka dapat dilaksanakan atas
kesepakatan bersama.
Para Pihak Yang Bersepakat
|
Dosen Pengampu Mata Kuliah
|
(......................................)
NIDN.
|
Perwakilan Mahasiswa :
|
Lokal M.B-01
(________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-02
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-03
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-04
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-05
(________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-06
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-07
(_________________________)
NPM.
|
Lokal M.B-08
(_________________________)
NPM.
|
Mengetahui :
|
Ketua Program
Studi S1 Manajemen
(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)
NIDN. 0129059502
|
Komentar
Posting Komentar