RPS STUDI KELAYAKAN BISNIS UNIVERSITAS NIAS

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

(RPS)

       


WhatsApp Image 2022-03-03 at 20

Nama Mata Kuliah                      : STUDI KELAYAKAN BISNIS

Semester                                       : IV (ENAM)

Satuan Kredit Semester (SKS)  : 3 SKS

Dosen Pengampu                         : 1. EDUAR BAENE, SE.,M.Si

                                                          2. PERINGATAN HAREFA, SE.,M.M
Program Studi                             : Manajemen
Jenjang                                         : Strata Satu (S1)

 

 

UNIVERSITAS NIAS FAKULTAS EKONOMI

TA. 2021/2022


WhatsApp Image 2022-03-03 at 20

UNIVERSITAS NIAS

FAKULTAS EKONOMI

PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah

Kode

Bobot (SKS)

Semester

Tanggal Penyusunan

STUDI KELAYAKAN BISNIS

MPB1.014

3

IV

21/03/2022

Otorisasi

Koordinator Pengembang

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Ketua Prodi S1 Manajemen

 

 

 

(EDUAR BAENE, SE.,M.Si)

NIDN. 0115048003

 

 

 

(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)

NIDN. 0129059502

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (CPL-Prodi)

1.      Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa..
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan, dan bersikap emaptik.
  12. Menerapkan Nilai-Nilai Jaya yang meliputi Integritas, Keadilan, Komitmen, Disiplin, dan Motivasi.

 

 

2.      Pengetahuan

 

P1 : Menguasai konsep teoritis ilmu manajemen dan menerapkannya dalam berbagai tipe organisasi baik bisnis maupun non bisnis pada tingkat lokal, nasional dan global;

 

3.      Ketrampilan

 

Keterampilan Umum KU1 : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidangnya

KU2 : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Keterampilan Khusus KK1 : Mampu melaksanakan konsep, metode dan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian) pada tingkat operasional organisasi;

KK2 : Mampu menggunakan konsep teoritis bidang manajemen berdasarkan metode ilmiah dalam pengambilan keputusan. KK3 : Mampu berkomunikasi secara efektif pada semua level

 

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan :

 

CPMK1 Mahasiswa mampu menguraikan dan mengkaji aspek-aspek dalam studi kelayakan bisnis

CPMK2 Mahasiswa mampu menyusun dan menganalisis cashflow dan proyeksi laba/rugi suatu bisnis

CPMK3 Mahasiswa mampu menerapkan analisis kelayakan finansial dan ekonomi

CPMK4 Mahasiswa mampu melakukan perhitungan dan menginterpretasikan hasil kriteria kelayakan investasi

CPMK5 Mahasiswa mampu menganalisis dampak perubahan dalam bisnis melalui analis

 

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas studi kelayakan bisnis, studi kelayakan perusahaan, pasar permintaan dan penawaran dalam studi kelayakan bisnis, manfaat bagi investor, kreditor dan pemerintah, implikasi manajemen pemasaran dalam studi kelayakan bisnis, studi pasar formal dan informal, manajemen produksi dan operasional, tahap-tahap dalam analisis teknikal, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian dalam studi kelayakan bisnis, laporan keuangan dan arus kas, sumber daya manusia dalam studi kelayakan bisnis, proyeksi laba rugi, neraca, dan aliran kas, aliran kas perusahaan, investasi, ekonomi, sosial dan politik dalam studi kelayakan bisnis, eksternalitas, konsep persaingan dalam studi kelayakan bisnis, analisis aspek manajemen dalam studi kelayakan bisnis, pemahaman pelaksanaan bisnis secara mendalam, manajemen aspek komersial, analisis mengenai dampak lingkungan, analisis aspek hukum, sistematika pengelolaan lingkungan terhadap studi kelayakan bisnis, sumber dana, risiko terhadap berbagai aspek dalam studi kelayakan bisnis

 

Materi Pembelajaran/Pokok Bahasan

 

1.    Penjelasan RPS dan Wawasan Studi Kelayakan Bisnis

2.    Desain Studi Kelayakan Bisnis

3.    Aspek Pasar dan Pemasaran

4.    Aspek Teknik dan Teknologi

5.    Aspek Manajemen dan Organisasi

6.    Aspek Keuangan dan Investasi

7.    Aspek Ekonomi, Sosial dan Politik

8.    Aspek Lingkungan Hidup

9.    Aspek Lingkungan Hidup

10.        Antisipasi Resiko

11.        Penulisan Laporan Studi Kelayakan Bisnis

12.        Analisis Kelayakan untuk Bisnis atau Proyek Internasional

 

 

Pustaka

Utama :

 

1.             Dr. Dedi Purwana E.S.,M.Bus & Drs. Nurdin Hidayat, MM.,M.Si. 2016. Studi Kelayakan Bisnis. Raja Grafindo Persada. Depok (kasih tahun)

2.             Danang Sunyoto. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. CAPS (Center Of Academic Publishing) Yogyakarta

 

Penunjang :

 

Yacob Ibrahim, Drs., MM. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.

Media Pembelajaran

Laptop, Proyektor, Whiteboard dan Internet.

Team Teaching

1. Eduar Baene, SE.,M.Si

2. Peringatan Harefa, SE.,M.M

Mata Kuliah Bersyarat

1.    Manajemen Keuangan

2.    Riset Operasi

 

 

Pertemuan Ke-

Sub CP-MK

(Kemampuan Akhir Yang Diharapkan)

Indikator

Kriteria dan Bentuk Penilaian

Metode Pembelajaran

(Estimasi Waktu TM/PT/BM)

Materi Pembelajaran

(Pustaka)

Bobot Penilaian (%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami Pengertian Bisnis dan Perusahaan, Studi kelayakan Bisnis vs Studi Kelayakan Proyek, Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

1.        Kontrak Perkuliahan

2.        Pengertian Bisnis dan

Perusahaan

3.        Studi kelayaka n Bisnis vs Studi Kelayakan proyek

4.        Manfaat Studi Kelayakan

Bisnis

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran, penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

       Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

        Perkuliahan tatap muka

        Motivasi

       Ceramah

       diskusi

         Penjelasan RPS

         Wawasan Studi Kelayakan Bisnis

 

 

 

2

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan : Identifikasi Kesempatan Usaha, Mengapa mengembangkan usaha, Tujuan Keputusan Investasi, Tahapan dan Aspek-Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis, Alat dan Kerangka Analisa

1.       Identifikasi Kesempatan usaha

2.       Mengapa mengembangkan usaha

3.       Tujuan Keputusan Investasi

4.       Tahapan dan

Aspek-Aspek dalam Studi

Kelayakan bisnis

5.       Alat dan

Kerangka analisa

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.        Perkuliahan tatap

muka

2.      Ceramah

3.      Diskusi

 

Desain Studi Kelayakan Bisnis

 

3

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami:

Pengertian Pasar,

Pengertian Permintaan dan Penawaran,

Bentuk Pasar,

Mengukur dan

Meramal Permintaan, Segmentasi-Target-Posisi di Pasar, Sikap,

Perilaku dan

Kepuasan Konsumen, Manajemen Pemasaran, Implikasi pada SKB

3.      Pengertia n Pasar

4.      Pengertian permintaan dan Penawaran

5.      Bentuk Pasar

6.      Mengukur dan Meramal permintaan

7.      Segmentasi Target Posisi di Pasar

8.      Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen

9.      Manajemen Pemasaran

10.  Implikasi pada SKB

Kehadiran Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.        Perkuliahan tatap

muka

2.      Ceramah

3.      Kuis

4.      Diskusi

5.      Pembagian Tugas

Pribadi/Kelompok

 

Aspek Pasar dan Pemasaran

 

4

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mengetahui dan

menjelaskan: Masalah Manajemen Operasional (Masalah Penentuan Posisi,

Desain dan

operasional), Masalah Proses Produksi dan Operasi, Manajemen Persediaan, Implikasi pada SKB

1.       Masalah Manajemen Operasional (Masalah penentuan Posisi, Desain dan

operasional)

2.       Masalah Proses

Produksi dan

Operasi

3.       Manajemen Persediaan

4.       Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Kuis

4.       Diskusi

 

Aspek Teknik dan Teknologi

 

5

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu mengetahui dan

menjelaskan: Perencanaan (Pendekatan dalam

membuat rencana, fungsi perencanaan dan macam-macam perencanaan), Pengorganisasian (Langkah- langkah pengorganisasian, Asas, struktur dan Bentuk organisasi), Penggerakan (Fungsi Penggerakan dan Kepemimpinan), Pengendalian (Jenis Pengendalian dan Sistem Pengendalian yang efektif),

Implikasi pada SKB

1.       Perencanaan (Pendekatan dalam membuat rencana, fungsi perencanaan dan macam-macam perencan aan)

2.       Pengorganisasian (Langkah-langkah pengorganisasia, Asas, struktur

dan Bentuk

organisasi)

3.       Penggerakan (Fungsi Pengger akan dan

Kepemimpinan)

4.       Pengendalian (Jenis Pengend alian dan Sistem Pengend alian yang efektif)

5.       Implikasi pada

      SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Presentasi Tugas

4.       Kuis

5.       Diskusi

6.       Debat

 

Aspek Manajemen dan Organisasi

 

6

Setelah mempelajari

Bagian ini

 Mahasiswa diharapkan  mampu memahami dan

menjelaskan: Perencanaan SDM, Analisis

Pekerjaan, Rekrutmen, Seleksi, dan

Orientasi, Produktivitas, Pelatihan dan

Pengembangan, Prestasi Kerja,

Kompensasi dan Perencanaan Karir, Implikasi

pada SKB

1.        Perencanaan SDM

2.        Analisis Pekerjaan

3.       Rekrutme n, Seleksi, dan Orientasi

4.       Produktiv itas, Pelatihan dan Pengembangan

5.       Prestasi Kerja, Kompens asi dan Perencanaan Karir

6.        Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.        Perkuliahan tatap muka

2.        Ceramah

3.        Presentasi Tugas

4.        Kuis

5.        Diskusi

6.        Debat

 

Aspek Sumber Daya Manusia

 

7

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan: Kebutuhan dana, Sumber Dana (Sumber dana Jangka Menengah- Panjang), Aliran Kas (Cash Flow), Biaya Modal (Cost of Capital), Kriteria Penilaian Investasi, Analisa Kepekaan (Sensitivity Analysis), Implikasi pada SKB

 

1.        Kebutuha n dana

2.        Sumber Dana (Sumber dana Jangka Menenga hPanjang)

3.        Aliran Kas (Cash Flow)

4.        Biaya Modal (Cost of Capital)

5.        Kriteria Penilaian Investasi

6.        Analisa Kepekaa n (Sensitivit y Analysis)

7.        Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.        Perkuliahan tatap muka

2.        Ceramah

3.      Presentasi Tugas

4.      Kuis

5.      Diskusi

6.      Debat

 

Aspek Keuangan dan Investasi

 

8

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)                                                                                                             30%

 

9

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan

menjelaskan: Analisis Ekonomi dan Analisis Keuangan, Konsep Consumer Surplus dan Producer Surplus), Manfaat Ekonomi dan Sosial, Hambatan di Bidang Ekonomi, Sosial dan Pokitik, Implikasi pada SKB

1.         Analisis Ekonomi dan Analisis Keuangan

2.        Konsep Consumer Surplus dan Producer Surplus)

3.        Manfaat Ekonomi dan Sosial

4.        Hambata n di Bidang Ekonomi, Sosial dan Pokitik

5.        Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.        Perkuliahan tatap muka

2.        Ceramah

3.        Presentasi Tugas

4.        Kuis

5.        Diskusi

6.        Debat

 

Aspek Ekonomi, Sosial dan Politik

 

10

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan

menjelaskan: Ancaman Masuk Pendatang Baru, Persaingan Sesama Perusahaan dalam Industri, Ancaman dari Produk Pengganti, Kekuatan Tawar- Menawar Pembeli (Buyers) dan Pemasok (Suppliers), Pengaruh Kekuatan Stakeholders, Implikasi pada SKB

1.        Ancaman Masuk Pendatang Baru

2.        Persaingan Sesama Perusahaan dalam Industri

3.        Ancaman dari Produk Pengganti

4.        Kekuatan TawarMenawar Pembeli (Buyers) dan Pemasok (Suppliers)

5.        Pengaruh Kekuatan Stakeholders

6.        Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Presentasi Tugas

4.       Kuis

5.       Diskusi

6.       Debat

 

Diskusi Dan Ceramah

 

11

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan: Siapa Pelaku Bisnis (Bentuk Badan Usaha dan Identitas Pelaksana Bisnis), Bisnis apa yang akan dilaksanakan, Waktu Pelaksanaan Bisnis, Bagaimana Cara Pelaksanaan Bisnis, Peraturan dan Perundangan (UU Hukum Perseroan Terbatas, Perlindungan Konsumen, Pemerintah Daerah), Implikasi pada SKB

1.        Siapa Pelaku Bisnis (Bentuk Badan Usaha dan Identitas Pelaksan a Bisnis)

2.        Bisnis apa yang akan dilaksana kan

3.        Waktu Pelaksan aan Bisnis

4.        Bagaima na Cara Pelaksanaan Bisnis

5.        Peraturan dan

Perundangan (UU Hukum

Perseroan Terbatas, Perlindungan Konsumen, Pemerintah Daerah)

6.       Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Presentasi Tugas

4.       Kuis

5.       Diskusi

6.       Debat

 

Diskusi Dan Ceramah

 

12

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami: Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Mengapa AMDAL?, Kegunaan AMDAL, Peraturan Perundang-undangan Lingkungan, Komponen AMDAL, Sistematika

Pengelolaan Lingkungan, Isi Laporan AMDAL, Implikasi pada SKB

1.       Analisis Mengena i Dampak Lingkungan (AMDAL)

2.       Mengapa AMDAL?

3.       Kegunaan AMDAL

4.       Peraturan Perundang-undangan Lingkungan

5.       Komponen AMDAL

6.       Sistematika Pengelolaan Lingkung an

7.       Isi Laporan AMDAL

8.       Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Presentasi Tugas

4.       Kuis

5.       Diskusi

6.       Debat

 

Aspek Lingkungan Hidup

 

13

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan: Resiko pada Aspek SDM, Resiko pada Aspek Keuangan, Resiko pada Aspek Pemasaran, Resiko pada Aspek Produksi/Operasi, Resiko pada Aspek Sistem Informasi, Implikasi pada SKB

1.       Resiko pada

Aspek SDM

2.       Resiko pada

Aspek Keuangan

3.       Resiko pada

Aspek Pemasaran

4.       Resiko pada

Aspek Produksi/ Operasi

5.       Resiko pada Aspek Sistem Informasi

6.       Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

    

Waktu 3x50 menit

 

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Presentasi Tugas

4.       Kuis

5.       Diskusi

6.       Debat

 

 

Antisipasi Resiko

 

14

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan

menjelaskan: Desain dan pedoman Pembuatan Laporan Studi Kelayakan Isi Laporan Studi Kelayakan, Contoh Laporan Studi Kelayakan,

Implikasi pada SKB

1.       Desain dan Pedoman Pembuat an Laporan Studi Kelayakan

2.       Isi Laporan Studi Kelayakan

3.       Contoh Laporan Studi Kelayakan

4.       Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Presentasi Tugas

4.       Kuis

5.       Diskusi

6.       Debat

 

Penulisan Laporan Studi Kelayakan Bisnis

 

15

Setelah mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan: Perspektif Induk Perusahaan atau Anak Perusahaan, Informasi yang diperlukan untuk Analisa Kelayakan Faktor-Faktor Yang Perlu diperhatikan dalam Analisis Kelayakan, Penyesuaian Penilaian Proyek Bisnis terhadap Resiko,, Implikasi pada SKB

1.       Perspekti f Induk Perusaha an atau Anak Perusahaan

2.       Informasi yang diperluka n untuk Analisa Kelayakan

3.       FaktorFaktor Yang Perlu diperhatikan dalam Analisis Kelayakan

4.       Penyesuaian Penilaian Proyek Bisnis terhadap Resiko

5.       Implikasi pada SKB

Kehadiran Mahasiswa dan

Partisipasi Mahasiswa

Indikator:

   Ketepatan dan kebenaran penjelasan

   Tingkat partisipasi mahasiswa

   Perilaku yang sesuai dengan etika berdiskusi

Waktu 3x50 menit

 

1.       Perkuliahan tatap muka

2.       Ceramah

3.       Presentasi Tugas

4.      Kuis

5.      Diskusi

6.      Debat

 

Analisis Kelayakan untuk Bisnis atau Proyek

 

16

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)                                                                                                              40%   

 

KEHADIRAN                                                                                                                                                  10%

 

TUGAS + QUIZ                                                                                                                                               20%                        

 

 

Mengetahui :

 

Dosen Pengampu Mata Kuliah

Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi

 

 

 

 

(EDUAR BAENE, SE.,M.Si)

NIDN. 0115048003

 

 

 

(Aferiaman Telaumbanua, S.E.,M.M.)

NIDN. 0116047202

 

  







                                                

 

 

 

KONTRAK KULIAH

 

A.       Identifikasi Mata Kuliah

Nama/Kode Mata Kuliah                : Studi Kelayakan Bisnis /MPB1.014

Satuan Kredit Semester (SKS)       : 3 SKS

Semester/Tahun Akademik            : IV

Status Mata Kuliah                         : Wajib

Program Studi                                : Manajemen

Jenjang                                          : Strata Satu (S1)

       Dosen Pengampu                          :

1.         Eduar Baene, SE.,M.Si

2.         Peringatan Harefa, SE.,M.M

 

Pernyataan Kesepakatan

Pada hari ini senin tanggaldua puluh satu bulan maret tahun dua ribu dua puluh dua, kami mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nias

menyatakan  memenuhi beberapa kesepakatan dengan Dosen Pengampu dalam pelaksanaan perkuliahan tersebut di atas.

 

B.     Pernyataan Kesepakatan

Hak Dosen

Hak Mahasiswa

1.

Mendapat pengakuan dari program studi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

1.

Mengontrak mata kuliah sesuai dengan yang direncanakannya.

2.

Memberikan skor penilaian berdasarkan kemampuan mahasiswa.

2.

Mendapat nilai yang diberikan/diukur oleh dosen.

3.

Mengelola kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan capaian pembelajaran secara optimal.

3.

Mengikuti perkuliahan sesuai dengan yang direncanakan oleh dosen.

4.

Mengeluarkan  mahasiswa apabila tidak mematuhi kontrak yang disepakati.

4.

Meminta perkuliahan diganti, apabila dosen tidak datang tanpa alasan.

5.

Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membantu memahami materi.

5.

Meminta penjelasan atas tugas yang diberikan oleh dosen.

Kewajiban Dosen

Kewajiban Mahasiswa

1.

Memberikan contoh/teladan kepada mahasiswa baik sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan tanggungjawabnya.

1.

Meneladani kebaikan sikap, kedalaman dan keluasan pengetahuan, dan ketrampilan dosen.

2.

Menyampaikan/mengelola pembelajaran sesuai dengan jadwal yg telah ditetapkan.

2.

Hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan sesuai yang telah ditetapkan.

3.

Membimbing mahasiswa untuk memahami materi yang disajikan.

3.

Berusaha untuk mememahami materi yang disampaikan/diberikan.

4.

Memberikan nilai sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan ketrampilannya.

4.

Menyerahkan tugas  untuk dinilai dosen yang bersangkutan.

 

C.     Perjanjian dan Komitmen

1.

Mahasiswa harus masuk ke dalam kelas sebelum perkuliahan di mulai.

2.

Mahasiswa boleh masuk ke dalam kelas untuk mengikuti perkuliahan, maksimum terlambat  selama 10 menit setelah dosen memberikan kuliah.

3.

Apabila dosen tidak hadir setelah 10 menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen tersebut via telp./hp untuk menanyakan apakah perkuliahan ada atau  tidak.

4.

Mahasiswa minimal hadir 75% dari jumlah perkuliahan yang direncanakan untuk dapat mengikuti ujian final.

5.

Apabila mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan kepada dosen disertai dengan bukti/alasan ketidakhadiran.

6.

Mahasiswa dilarang merokok sewaktu perkuliahan (dalam kelas).

7.

Mahasiswa dan dosen memakai pakaian yang rapi dan sopan sewaktu pelaksanaan perkuliahan.

8.

Sewaktu mulai perkuliahan, mahasiswa telah menyiapkan perangkat/sarana yang dibutuhkan untuk kelancaran perkuliahan, seperti papan tulis, proyektor, dll.

9.

Setelah selesai perkuliahan, mahasiswa menyelesaiakan/merapikan semua peragkat/sarana kuliah yang dipakai, misal: memulangkan infokus, dll.

10.

Mahasiswa harus memiliki komitmen untuk mengikuti perkuliahan dengan baik dan melaksanakan semua tugas yang disepakati secara optimal.

11.

Mahasiswa harus mengerjakan semua tugas yang sudah disepakati secara optimal.

12.

Mahasiswa harus menyerahkan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama.

13.

Penilaian dilaksanakan atas dasar tugas, partisipasi, dan tes yang dilakukan selama proses belajar.

14.

Masih dimungkinkan dalam perkuliahan timbul perjanjian/komitmen baru, untuk mendukung keberhasilan pelaksanakan perkuliahan.

 

D.     Ikatan Batin Dosen dan Mahasiswa

1.

Dosen dan mahasiswa secara bersama-sama bertanggungjawab untuk terjalinnya kegiatan pembelajaran yang baik

2.

Dosen dan mahasiswa memiliki komitmen yang sama untuk optimalnya pencapaian kompetensi mahasiswa sesuai dengan yang ditetapkan.

3.

Apabila terjadi kekurangpahaman dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa secara terbuka mau bertanya kepada dosen untuk meminta penjelasan.

4.

Tidak tertutup kemungkinan komunikasi terjalin antara dosen dan mahasiswa di luar waktu perkuliahan, untuk membicarakan yang berhubungan dengan materi kuliah.

5.

Tidak terjadi jarak secara batin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan.

6.

Terbuka beberapa ikatan lainnya, agar isi kontrak kuliah dapat berjalan dengan baik.

 

Demikian kontrak kuliah ini dibuat bersama tanpa ada paksaan oleh pihak manapun dan kontrak kuliah ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan

perkuliahan dan bilamana ada hal-hal yang belum termuat dalam kontrak ini tetapi dianggap perlu, maka dapat dilaksanakan atas kesepakatan bersama.

 

Para Pihak Yang Bersepakat

 

Dosen Pengampu Mata Kuliah

 

 

 

(Eduar Baene, SE.,M.Si)

NIDN. 0115048003

(Peringatan Harefa, SE.,M.M)

NIDN. 0109016901

 

Perwakilan Mahasiswa :

 

Lokal M.B-01

 

 

             

(________________________)

   NPM.

Lokal M.B-02

 

 

 

(_________________________)

    NPM.

Lokal M.B-03

 

 

 

(_________________________)

   NPM.

Lokal M.B-04

 

 

 

(_________________________)

  NPM.

 

Lokal M.B-05

 

 

 

(________________________)

   NPM.

Lokal M.B-06

 

 

 

(_________________________)

    NPM.

Lokal M.B-07

 

 

 

(_________________________)

   NPM.

Lokal M.B-08

 

 

 

(_________________________)

  NPM.

 

Mengetahui :

Ketua Program Studi S1 Manajemen

 

 

 

(Meiman Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.)

NIDN. 0129059502

 


Komentar