RPS STUDI KELAYAKAN BISNIS UNIVERSITAS NIAS
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
Nama Mata Kuliah : STUDI KELAYAKAN BISNIS
Semester : IV (ENAM)
Satuan Kredit Semester (SKS) : 3 SKS
Dosen Pengampu : 1. EDUAR BAENE, SE.,M.Si
UNIVERSITAS NIAS FAKULTAS EKONOMI
TA. 2021/2022
|
UNIVERSITAS NIAS FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN |
||||||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) |
|||||||||||||
Mata Kuliah |
Kode |
Bobot (SKS) |
Semester |
Tanggal Penyusunan |
|||||||||
STUDI KELAYAKAN BISNIS |
MPB1.014 |
3 |
IV |
||||||||||
Otorisasi |
Koordinator Pengembang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) |
Ketua Prodi S1 Manajemen |
|||||||||||
(EDUAR BAENE, SE.,M.Si) NIDN. 0115048003 |
(Meiman
Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.) NIDN. 0129059502 |
||||||||||||
Capaian
Pembelajaran (CP) |
Capaian Pembelajaran Lulusan Program
Studi (CPL-Prodi) |
||||||||||||
1.
Sikap
2.
Pengetahuan P1
: Menguasai konsep teoritis ilmu manajemen dan menerapkannya dalam berbagai
tipe organisasi baik bisnis maupun non bisnis pada tingkat lokal, nasional
dan global; 3.
Ketrampilan Keterampilan
Umum KU1
: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam
konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidangnya KU2 :
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. Keterampilan
Khusus KK1 : Mampu melaksanakan konsep, metode dan
fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
pengendalian) pada tingkat operasional organisasi; KK2 :
Mampu menggunakan konsep teoritis bidang manajemen berdasarkan metode ilmiah
dalam pengambilan keputusan. KK3 : Mampu
berkomunikasi secara efektif pada semua level |
|||||||||||||
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK) |
|||||||||||||
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa
diharapkan : CPMK1 Mahasiswa mampu menguraikan dan
mengkaji aspek-aspek dalam studi kelayakan bisnis CPMK2 Mahasiswa mampu menyusun dan
menganalisis cashflow dan proyeksi laba/rugi suatu bisnis CPMK3 Mahasiswa mampu menerapkan
analisis kelayakan finansial dan ekonomi CPMK4 Mahasiswa mampu melakukan perhitungan
dan menginterpretasikan hasil kriteria kelayakan investasi CPMK5 Mahasiswa mampu menganalisis
dampak perubahan dalam bisnis melalui analis |
|||||||||||||
Deskripsi
Singkat Mata Kuliah |
Mata
kuliah ini membahas studi kelayakan bisnis, studi kelayakan perusahaan, pasar
permintaan dan penawaran dalam studi kelayakan bisnis, manfaat bagi investor,
kreditor dan pemerintah, implikasi manajemen pemasaran dalam studi kelayakan
bisnis, studi pasar formal dan informal, manajemen produksi dan operasional,
tahap-tahap dalam analisis teknikal, perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian dalam studi kelayakan bisnis, laporan keuangan
dan arus kas, sumber daya manusia dalam studi kelayakan bisnis, proyeksi laba
rugi, neraca, dan aliran kas, aliran kas perusahaan, investasi, ekonomi,
sosial dan politik dalam studi kelayakan bisnis, eksternalitas, konsep
persaingan dalam studi kelayakan bisnis, analisis aspek manajemen dalam studi
kelayakan bisnis, pemahaman pelaksanaan bisnis secara mendalam, manajemen
aspek komersial, analisis mengenai dampak lingkungan, analisis aspek hukum,
sistematika pengelolaan lingkungan terhadap studi kelayakan bisnis, sumber
dana, risiko terhadap berbagai aspek dalam studi kelayakan bisnis |
||||||||||||
Materi
Pembelajaran/Pokok Bahasan |
1. Penjelasan RPS dan Wawasan Studi Kelayakan Bisnis 2. Desain Studi Kelayakan Bisnis 3. Aspek
Pasar dan Pemasaran 4. Aspek
Teknik dan Teknologi 5. Aspek
Manajemen dan Organisasi 6. Aspek
Keuangan dan Investasi 7. Aspek
Ekonomi, Sosial dan Politik 8. Aspek
Lingkungan Hidup 9. Aspek
Lingkungan Hidup 10.
Antisipasi Resiko 11.
Penulisan Laporan
Studi Kelayakan Bisnis 12.
Analisis Kelayakan untuk Bisnis atau
Proyek Internasional |
||||||||||||
Pustaka |
Utama : |
||||||||||||
1.
Dr. Dedi
Purwana E.S.,M.Bus & Drs. Nurdin Hidayat, MM.,M.Si. 2016. Studi Kelayakan
Bisnis. Raja Grafindo Persada. Depok (kasih tahun) 2.
Danang
Sunyoto. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. CAPS (Center Of Academic Publishing) Yogyakarta |
|||||||||||||
Penunjang : |
|||||||||||||
Yacob Ibrahim, Drs., MM. 2003. Studi
Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta. |
|||||||||||||
Media
Pembelajaran |
Laptop, Proyektor, Whiteboard
dan Internet. |
||||||||||||
Team
Teaching |
1. Eduar Baene, SE.,M.Si 2. Peringatan Harefa, SE.,M.M |
||||||||||||
Mata
Kuliah Bersyarat |
1.
Manajemen Keuangan 2.
Riset Operasi |
||||||||||||
Pertemuan Ke- |
Sub CP-MK (Kemampuan Akhir Yang Diharapkan) |
Indikator |
Kriteria dan Bentuk Penilaian |
Metode Pembelajaran (Estimasi Waktu TM/PT/BM) |
Materi Pembelajaran (Pustaka) |
Bobot Penilaian (%) |
|||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
|||||||
1 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami Pengertian
Bisnis dan Perusahaan, Studi kelayakan Bisnis vs Studi Kelayakan Proyek, Manfaat Studi Kelayakan Bisnis |
1.
Kontrak Perkuliahan 2.
Pengertian Bisnis dan Perusahaan
3.
Studi kelayaka n Bisnis vs Studi
Kelayakan proyek 4.
Manfaat Studi Kelayakan Bisnis |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan kebenaran, penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit •
Perkuliahan tatap muka •
Motivasi •
Ceramah •
diskusi |
•
Penjelasan RPS •
Wawasan Studi Kelayakan
Bisnis |
|
|||||||
2 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa
diharapkan mampu memahami dan menjelaskan :
Identifikasi Kesempatan Usaha, Mengapa mengembangkan usaha, Tujuan Keputusan Investasi, Tahapan dan Aspek-Aspek dalam
Studi Kelayakan Bisnis, Alat dan Kerangka Analisa |
1.
Identifikasi Kesempatan usaha 2.
Mengapa mengembangkan usaha 3.
Tujuan Keputusan Investasi 4.
Tahapan dan
Aspek-Aspek dalam Studi
Kelayakan
bisnis 5.
Alat dan
Kerangka
analisa |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1.
Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Diskusi |
Desain Studi
Kelayakan Bisnis |
|
|||||||
3 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami: Pengertian Pasar, Pengertian Permintaan
dan Penawaran, Bentuk Pasar, Mengukur dan Meramal Permintaan,
Segmentasi-Target-Posisi di Pasar, Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen, Manajemen
Pemasaran, Implikasi pada SKB |
3.
Pengertia n Pasar 4.
Pengertian permintaan
dan Penawaran 5.
Bentuk Pasar 6.
Mengukur dan Meramal permintaan
7.
Segmentasi Target Posisi di Pasar 8.
Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen 9.
Manajemen Pemasaran
10. Implikasi
pada SKB |
Kehadiran Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1.
Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Kuis 4. Diskusi 5. Pembagian Tugas Pribadi/Kelompok |
Aspek Pasar dan Pemasaran |
|
|||||||
4 |
Setelah mempelajari bagian ini
Mahasiswa diharapkan mengetahui dan menjelaskan: Masalah Manajemen
Operasional (Masalah Penentuan Posisi, Desain dan operasional), Masalah Proses Produksi
dan Operasi, Manajemen Persediaan, Implikasi pada SKB |
1. Masalah Manajemen Operasional (Masalah penentuan
Posisi, Desain dan operasional) 2. Masalah Proses Produksi dan Operasi 3. Manajemen Persediaan 4. Implikasi pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Kuis 4. Diskusi |
Aspek Teknik dan Teknologi |
|
|||||||
5 |
Setelah mempelajari bagian ini
Mahasiswa diharapkan mampu mengetahui dan menjelaskan: Perencanaan (Pendekatan
dalam membuat rencana, fungsi perencanaan
dan macam-macam perencanaan), Pengorganisasian (Langkah- langkah
pengorganisasian, Asas, struktur dan Bentuk organisasi), Penggerakan (Fungsi
Penggerakan dan Kepemimpinan), Pengendalian (Jenis Pengendalian dan Sistem
Pengendalian yang efektif), Implikasi pada SKB |
1. Perencanaan
(Pendekatan dalam membuat rencana, fungsi
perencanaan dan macam-macam perencan aan) 2. Pengorganisasian
(Langkah-langkah pengorganisasia, Asas, struktur dan Bentuk organisasi)
3. Penggerakan
(Fungsi Pengger akan dan Kepemimpinan)
4.
Pengendalian (Jenis Pengend alian dan
Sistem Pengend alian yang efektif) 5.
Implikasi pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Aspek Manajemen dan Organisasi |
|
|||||||
6 |
Setelah mempelajari Bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu
memahami dan menjelaskan: Perencanaan SDM, Analisis Pekerjaan, Rekrutmen, Seleksi,
dan Orientasi, Produktivitas, Pelatihan dan Pengembangan, Prestasi Kerja, Kompensasi dan Perencanaan Karir, Implikasi pada SKB |
1. Perencanaan SDM 2. Analisis Pekerjaan
3. Rekrutme
n, Seleksi, dan Orientasi 4. Produktiv
itas, Pelatihan dan Pengembangan 5. Prestasi
Kerja, Kompens asi dan Perencanaan Karir
6. Implikasi pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1.
Perkuliahan tatap muka 2.
Ceramah 3.
Presentasi Tugas 4.
Kuis 5.
Diskusi 6.
Debat |
Aspek Sumber Daya Manusia |
|
|||||||
7 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan:
Kebutuhan dana, Sumber Dana (Sumber dana Jangka
Menengah- Panjang), Aliran Kas (Cash Flow), Biaya Modal (Cost of Capital),
Kriteria Penilaian Investasi, Analisa Kepekaan (Sensitivity Analysis),
Implikasi pada SKB |
1.
Kebutuha n dana 2.
Sumber Dana
(Sumber dana Jangka Menenga hPanjang) 3.
Aliran Kas (Cash Flow) 4.
Biaya Modal (Cost of Capital) 5.
Kriteria Penilaian Investasi 6.
Analisa Kepekaa n (Sensitivit y
Analysis) 7.
Implikasi pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1.
Perkuliahan tatap muka 2.
Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Aspek Keuangan dan Investasi |
|
|||||||
8 |
UJIAN TENGAH
SEMESTER (UTS)
30% |
||||||||||||
9 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan:
Analisis Ekonomi dan Analisis Keuangan, Konsep
Consumer Surplus dan Producer Surplus), Manfaat Ekonomi dan Sosial, Hambatan
di Bidang Ekonomi, Sosial dan Pokitik, Implikasi pada SKB |
1.
Analisis Ekonomi dan Analisis
Keuangan 2.
Konsep Consumer Surplus dan Producer
Surplus) 3.
Manfaat Ekonomi dan Sosial 4.
Hambata n di Bidang Ekonomi, Sosial
dan Pokitik 5.
Implikasi pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1.
Perkuliahan tatap muka 2.
Ceramah 3.
Presentasi Tugas 4.
Kuis 5.
Diskusi 6.
Debat |
Aspek Ekonomi, Sosial dan Politik |
|
|||||||
10 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan: Ancaman Masuk
Pendatang Baru, Persaingan Sesama Perusahaan dalam Industri, Ancaman dari
Produk Pengganti, Kekuatan Tawar- Menawar Pembeli (Buyers) dan Pemasok
(Suppliers), Pengaruh Kekuatan Stakeholders, Implikasi pada SKB |
1.
Ancaman Masuk Pendatang Baru 2.
Persaingan Sesama Perusahaan dalam
Industri 3.
Ancaman dari Produk Pengganti 4.
Kekuatan TawarMenawar Pembeli (Buyers)
dan Pemasok (Suppliers) 5.
Pengaruh
Kekuatan Stakeholders 6.
Implikasi pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Diskusi Dan Ceramah |
|
|||||||
11 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan:
Siapa Pelaku Bisnis (Bentuk Badan Usaha dan Identitas Pelaksana Bisnis),
Bisnis apa yang akan dilaksanakan, Waktu Pelaksanaan Bisnis, Bagaimana Cara
Pelaksanaan Bisnis, Peraturan dan Perundangan (UU Hukum Perseroan Terbatas,
Perlindungan Konsumen, Pemerintah Daerah), Implikasi pada SKB |
1.
Siapa Pelaku Bisnis (Bentuk Badan
Usaha dan Identitas Pelaksan a Bisnis) 2.
Bisnis apa yang akan dilaksana kan 3.
Waktu Pelaksan aan Bisnis 4.
Bagaima na Cara Pelaksanaan Bisnis 5.
Peraturan dan Perundangan
(UU Hukum Perseroan
Terbatas, Perlindungan Konsumen, Pemerintah Daerah) 6. Implikasi
pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Diskusi Dan Ceramah |
|
|||||||
12 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami: Analisis Mengenai
Dampak Lingkungan (AMDAL), Mengapa AMDAL?, Kegunaan AMDAL, Peraturan
Perundang-undangan Lingkungan, Komponen AMDAL, Sistematika Pengelolaan
Lingkungan, Isi Laporan AMDAL,
Implikasi pada SKB |
1. Analisis
Mengena i Dampak Lingkungan (AMDAL) 2. Mengapa
AMDAL? 3. Kegunaan
AMDAL 4. Peraturan
Perundang-undangan Lingkungan 5. Komponen
AMDAL 6. Sistematika
Pengelolaan Lingkung an 7. Isi
Laporan AMDAL 8. Implikasi
pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Aspek Lingkungan Hidup |
|
|||||||
13 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu
memahami dan menjelaskan: Resiko pada Aspek SDM, Resiko pada Aspek Keuangan,
Resiko pada Aspek Pemasaran, Resiko pada Aspek Produksi/Operasi, Resiko pada
Aspek Sistem Informasi, Implikasi pada SKB |
1. Resiko
pada Aspek
SDM 2. Resiko pada Aspek
Keuangan 3. Resiko
pada Aspek
Pemasaran 4. Resiko
pada Aspek
Produksi/ Operasi 5. Resiko pada Aspek Sistem Informasi 6. Implikasi
pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi •
|
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Antisipasi Resiko |
|
|||||||
14 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan:
Desain dan pedoman
Pembuatan Laporan Studi Kelayakan Isi Laporan Studi Kelayakan, Contoh Laporan
Studi Kelayakan, Implikasi
pada SKB |
1. Desain
dan Pedoman Pembuat an
Laporan Studi Kelayakan 2. Isi
Laporan Studi Kelayakan 3. Contoh
Laporan Studi Kelayakan 4. Implikasi
pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Penulisan Laporan Studi Kelayakan
Bisnis |
|
|||||||
15 |
Setelah
mempelajari bagian ini Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan:
Perspektif Induk Perusahaan atau Anak Perusahaan, Informasi yang diperlukan
untuk Analisa Kelayakan Faktor-Faktor Yang Perlu diperhatikan dalam Analisis
Kelayakan, Penyesuaian Penilaian Proyek Bisnis terhadap Resiko,, Implikasi
pada SKB |
1.
Perspekti f Induk Perusaha an atau
Anak Perusahaan 2.
Informasi yang diperluka n untuk Analisa Kelayakan 3.
FaktorFaktor Yang Perlu diperhatikan
dalam Analisis Kelayakan 4.
Penyesuaian Penilaian Proyek Bisnis
terhadap Resiko 5.
Implikasi pada SKB |
Kehadiran Mahasiswa dan Partisipasi
Mahasiswa Indikator: •
Ketepatan dan
kebenaran penjelasan •
Tingkat partisipasi
mahasiswa •
Perilaku yang sesuai
dengan etika berdiskusi |
Waktu 3x50 menit 1. Perkuliahan tatap muka 2. Ceramah 3. Presentasi Tugas 4. Kuis 5. Diskusi 6. Debat |
Analisis Kelayakan untuk Bisnis atau
Proyek |
|
|||||||
16 |
UJIAN AKHIR
SEMESTER (UAS) 40% |
||||||||||||
|
KEHADIRAN
10% |
||||||||||||
|
TUGAS + QUIZ 20% |
||||||||||||
|
|
||||||||||||
Mengetahui
: |
|
||||||||||||
Dosen
Pengampu Mata Kuliah |
Wakil
Dekan I Fakultas Ekonomi |
|
|||||||||||
(EDUAR BAENE,
SE.,M.Si) NIDN.
0115048003 |
(Aferiaman
Telaumbanua, S.E.,M.M.) NIDN.
0116047202 |
|
|||||||||||
|
|
|
|||||||||||
KONTRAK
KULIAH
A. Identifikasi Mata Kuliah
Nama/Kode Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis /MPB1.014
Satuan Kredit
Semester (SKS) : 3 SKS
Semester/Tahun Akademik : IV
Status Mata Kuliah : Wajib
Program Studi : Manajemen
Jenjang : Strata Satu (S1)
Dosen Pengampu :
1.
Eduar Baene, SE.,M.Si
2.
Peringatan Harefa, SE.,M.M
Pernyataan Kesepakatan
Pada hari ini senin tanggaldua puluh satu bulan maret tahun
dua ribu dua puluh dua, kami mahasiswa Prodi S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Nias
menyatakan
memenuhi beberapa kesepakatan dengan Dosen Pengampu dalam
pelaksanaan perkuliahan tersebut di atas.
B.
Pernyataan Kesepakatan
Hak Dosen |
Hak Mahasiswa |
||
1. |
Mendapat
pengakuan dari program studi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan. |
1. |
Mengontrak mata kuliah sesuai dengan yang direncanakannya. |
2. |
Memberikan skor
penilaian berdasarkan kemampuan mahasiswa. |
2. |
Mendapat nilai
yang diberikan/diukur oleh dosen. |
3. |
Mengelola
kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan
capaian pembelajaran secara optimal. |
3. |
Mengikuti
perkuliahan sesuai dengan yang direncanakan oleh dosen. |
4. |
Mengeluarkan mahasiswa apabila tidak mematuhi kontrak
yang disepakati. |
4. |
Meminta
perkuliahan diganti, apabila dosen tidak datang tanpa alasan. |
5. |
Memberikan tugas
kepada mahasiswa untuk membantu memahami materi. |
5. |
Meminta
penjelasan atas tugas yang diberikan oleh dosen. |
Kewajiban Dosen |
Kewajiban
Mahasiswa |
||
1. |
Memberikan contoh/teladan kepada mahasiswa baik sikap, pengetahuan,
ketrampilan, dan tanggungjawabnya. |
1. |
Meneladani
kebaikan sikap, kedalaman dan keluasan pengetahuan, dan ketrampilan dosen. |
2. |
Menyampaikan/mengelola pembelajaran sesuai dengan jadwal
yg telah ditetapkan. |
2. |
Hadir dalam
setiap kegiatan perkuliahan sesuai yang telah ditetapkan. |
3. |
Membimbing
mahasiswa untuk memahami materi yang disajikan. |
3. |
Berusaha untuk
mememahami materi yang disampaikan/diberikan. |
4. |
Memberikan nilai
sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan ketrampilannya. |
4. |
Menyerahkan
tugas untuk dinilai dosen yang
bersangkutan. |
C.
Perjanjian dan Komitmen
1. |
Mahasiswa harus masuk ke dalam kelas sebelum perkuliahan
di mulai. |
2. |
Mahasiswa boleh
masuk ke dalam kelas untuk mengikuti perkuliahan, maksimum terlambat selama 10 menit setelah dosen memberikan
kuliah. |
3. |
Apabila dosen
tidak hadir setelah 10 menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen
tersebut via telp./hp untuk menanyakan apakah perkuliahan ada atau tidak. |
4. |
Mahasiswa minimal hadir 75% dari jumlah perkuliahan
yang direncanakan untuk dapat mengikuti ujian final. |
5. |
Apabila mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan
kepada dosen disertai dengan bukti/alasan ketidakhadiran. |
6. |
Mahasiswa dilarang merokok sewaktu perkuliahan (dalam
kelas). |
7. |
Mahasiswa dan
dosen memakai pakaian yang rapi dan sopan sewaktu pelaksanaan perkuliahan. |
8. |
Sewaktu mulai perkuliahan, mahasiswa telah menyiapkan
perangkat/sarana yang dibutuhkan untuk kelancaran perkuliahan, seperti papan
tulis, proyektor, dll. |
9. |
Setelah selesai perkuliahan, mahasiswa
menyelesaiakan/merapikan semua peragkat/sarana kuliah yang dipakai, misal:
memulangkan infokus, dll. |
10. |
Mahasiswa harus memiliki komitmen untuk mengikuti
perkuliahan dengan baik dan melaksanakan semua tugas yang disepakati secara
optimal. |
11. |
Mahasiswa harus mengerjakan semua tugas yang sudah
disepakati secara optimal. |
12. |
Mahasiswa harus menyerahkan tugas sesuai dengan kesepakatan
bersama. |
13. |
Penilaian dilaksanakan atas dasar tugas, partisipasi,
dan tes yang dilakukan selama proses belajar. |
14. |
Masih dimungkinkan dalam perkuliahan timbul
perjanjian/komitmen baru, untuk mendukung keberhasilan pelaksanakan
perkuliahan. |
D.
Ikatan Batin Dosen dan Mahasiswa
1. |
Dosen dan
mahasiswa secara bersama-sama bertanggungjawab untuk terjalinnya kegiatan
pembelajaran yang baik |
2. |
Dosen dan
mahasiswa memiliki komitmen yang sama untuk optimalnya pencapaian kompetensi
mahasiswa sesuai dengan yang ditetapkan. |
3. |
Apabila terjadi
kekurangpahaman dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa secara terbuka mau
bertanya kepada dosen untuk meminta penjelasan. |
4. |
Tidak tertutup
kemungkinan komunikasi terjalin antara dosen dan mahasiswa di luar waktu perkuliahan,
untuk membicarakan yang berhubungan dengan materi kuliah. |
5. |
Tidak terjadi
jarak secara batin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. |
6. |
Terbuka beberapa
ikatan lainnya, agar isi kontrak kuliah dapat berjalan dengan baik. |
Demikian kontrak kuliah ini dibuat bersama tanpa ada paksaan oleh pihak manapun dan kontrak
kuliah ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan
perkuliahan dan bilamana ada hal-hal yang belum termuat
dalam kontrak ini tetapi dianggap perlu, maka dapat dilaksanakan atas
kesepakatan bersama.
Para Pihak Yang Bersepakat
Dosen Pengampu Mata Kuliah |
|
(Eduar Baene,
SE.,M.Si) NIDN. 0115048003 |
(Peringatan
Harefa, SE.,M.M) NIDN. 0109016901 |
Perwakilan
Mahasiswa : |
|||
Lokal M.B-01 (________________________) NPM. |
Lokal M.B-02 (_________________________) NPM. |
Lokal M.B-03 (_________________________) NPM. |
Lokal M.B-04 (_________________________) NPM. |
Lokal M.B-05 (________________________) NPM. |
Lokal M.B-06 (_________________________) NPM. |
Lokal M.B-07 (_________________________) NPM. |
Lokal M.B-08 (_________________________) NPM. |
Mengetahui : |
|||
Ketua Program Studi S1 Manajemen (Meiman
Hidayat Waruwu, S.Sos.,M.Si.) NIDN. 0129059502 |
Komentar
Posting Komentar