Tugas Studi Kelayakan Bisnis
Ilustrasi |
Keterangan/Perintah |
DREAM BOOK Foto mahasiswa
dengan pose terbaik Nama mahasiswa: CALON ORANG SUKSES |
· Cover bersifat bebas · Cover terdiri
dari : a.
Tulisan dream book b. Foto anda dengan pose terbaik,
dianjurkan memakai jas/foto yang mempresentasekan seorang boss c.
Nama mahasiswa d. Tulisan calon orang sukses di
bagian bawah cover |
1. Biodata diri lengkap |
Mahasiswa bebas mendeskripsikan tentang biodata lengkap dirinya : Nama lengkap/panggilan Tempat/tanggal lahir Alamat Pendidikan Riwayat organisasi Hobby Dan lainnya |
2. Orang-orang yang mampu menginspirasi mahasiswa |
Pada halaman ini mahasiswa diminta menempelkan gambar
orang-orang yang selama ini menjadi inspirasi bagi hidupnya. Catatan : BUKAN orang tuanya, BUKAN Dosennya, BUKAN Mahasiswa angkatannya. |
3. Prestasi |
· Tuliskan prestasi apapun yang
pernah anda raih selama ini, yang tujuannya untuk memotivasi anda membangun
mimpi · Bila perlu,
pajang foto saat anda menerima piagam/piala/hadiah |
4. Kelebihan dan kekurangan |
Mahasiswa harus menanyakan ke teman dekatnya minimal 2 orang mengenai kelebihan dan kekurangan dirinya. Tulis 7 kelebihan dan 7 kekurangan dari diri anda dari hasil bertanya kepada teman tadi. |
5. Peta impian |
Apa impian anda / apa mimpi anda setelah lulus
sarjana Ekonomi jurusan Manajemen Tulis secara SMART |
6. Penjelasan peta impian |
Berikan penjelasan mengenai peta impian dan
langkah-langkah untuk mencapainya. |
7. Gagasan Peluang Bisnis |
Berikan penjelasan anda mengenai peluang bisnis
di masing-masing
daerah anda tinggal. |
8. Alasan/Rasional |
Berikan
argumen/alasan yang tepat mengenai peluang bisnis tersebut |
9. Bagaimana cara memulai Bisnis |
Uraikan bagaimana cara memulai bisnis
tersebut |
10. Bagaimana anda menilai kelayakan bisnis
tersebut. |
Jelaskan bagaimana menilai kelayakan bisnis tersebut
sesuai dengan teori |
11. Kapan memulai menjalankan bisnis tersebut. |
Jelaskan kapan akan memulai melaksanakannya. |
Petunjuk bagi mahasiswa :
1. Dream book di atas sebagai guide untuk menyusun protofolio
2. Jumlah halaman portofolio tidak terbatas, terserah mahasiswa
3. Diketik secara rapi dengan catatan
4. Tugas diserahkan paling lambat 1 Minggu setelah pembagian tugas ini, dan di Upload dalam Blogger masing-masin
5. Mahasiswa tidak boleh ada jawaban yang sama. 6. Di Presentasikan setiap pertemuan.
Tugas Dosen
1. Pembimbing dan mengarahkan mahasiswa
2. Menilai protofolio mahasiswa
3. Rubrik penilaian
Rubrik penilaian, ini untuk pegangan dosen dalam menilai
hasil pekerjaan mahasiswa/kelompok. Hasil dari penilaian bisa dimasukkan dalam
form penilaian mahasiswa untuk kategori penilaian tugas atau penilaian sikap
mahasiswa dalam mata Kuliah Studi
Kelayakan Bisnis.
Rubrik
menilai Tugas dan kehadiran
mahasiswa dalam diskusi.
No |
Aspek
yang diukur |
Skor
Penilaian |
|
Skor Maksimum |
Skor Jumlah
Perolehan |
||
1 |
Ketaatan
mahasiswa lama menyerahkan tugas dan Melaksanakan perintah
sesuai petunjuk |
1 - 2 |
|
2 |
Sikap mahasiswa
dalam mengkritik dan memberikan pendapat |
1 - 2 |
|
3 |
Kemauan mahasiswa dalam
menolong kesulitan temannya |
1 - 2 |
|
4 |
Kesabaran dalam
mendengarkan pendapat orang lain |
1 - 2 |
|
5 |
Keaktifan dalam
berpendapat |
1 - 2 |
|
6 |
Hasil pekerjaan sesuai
petunjuk |
1 - 2 |
|
7 |
Jawaban tepat sesuai
pertanyaan |
1 - 2 |
|
8 |
Jawaban tidak
berbelit-belit |
1 - 2 |
|
9 |
Hasil pekerjaan di ketik
sesuai petunjuk |
1 - 2 |
|
10 |
Hasil pekerjaan
dikumpulkan tepat waktu |
1 - 2 |
|
Pembobotan Terhadap Peluang Usaha
No |
Pertimbangan |
Bobot masing-masing
gagasan/ide peluang usaha berdasarkan pertimbangan |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
||
1 |
Originalitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Design |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Bahan baku |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Konsumen |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Market/pasar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Pemasaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Penjualan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Modal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Total |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Prioritas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Dosen membimbing mahasiswa melakukan pembobotan terhadap 10 peluang usaha yang didiskusikan. Dosen juga melakukan pengamatan terhadap kemampuan softskill mahasiswa diantaranya; kemampuan komunikasi, kemampuan bekerja secara tim, kreatifitas, kepemimpinan, kemampuan mengendalikan ego dan sikap mahasiswa.
Komentar
Posting Komentar